Kemenaker Kembangkan Pelatihan di Bidang Teknologi Informasi

Miftah Ardhian
8 November 2017, 16:03
Kejuruan
ANTARA FOTO/Moch Asim
Sejumlah siswa mengerjakan soal pelajaran produktif teknik audio video (TAV) saat mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) susulan di SMK Negeri 2 Surabaya, Jawa Timur, Rabu (19/4).

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) ikut menyoroti perkembangan teknologi saat ini yang turut berpengaruh terhadap tenaga kerja. Untuk menyesuaikan kebutuhan industri, maka Kemenaker akan fokus membuat pelatihan di bidang Informasi dan Teknologi (IT).

Kemenaker sebelumnya sudah memiliki Balai Latihan Kerja (BLK) yang berkonsep kios 3-in-1, yakni mulai dari pelatihan, sertifikasi, dan penempatan. Namun, karena semakin banyak industri yang memerlukan tenaga kerja di bidang IT, kurikulum balai-balai tersebut akan disesuaikan.

“Nanti akan dilihat di unit kompetensi, apa yang diajarkan di sana,” kata Sekretaris  Direktorat Jenderal (Ditjen) Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kemnaker Kunjung Masehat di Jakarta, Rabu (8/11).

(Baca juga:  Pemerintah Akan Sertifikasi Tenaga Kerja Sektor Keuangan)

Kunjung kembali menjelaskan, untuk merealisasikan rencana tersebut, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri sedang menyusun program yang dinamakan 3R, yaitu Reorientasi, Revitalisasi, dan Rebranding. Program itu akan dilakukan uji coba di 5 BLK yang tersebar di wilayah Medan, Serang, Bekasi, Bandung, dan Semarang. Program ini dijalankan juga akan disesuaikan dengan kebutuhan industri.

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...