Sri Mulyani Dikabarkan Segera Lantik Robert Pakpahan Jadi Dirjen Pajak

Penulis: Desy Setyowati

Editor: Yuliawati

30/11/2017, 15.44 WIB

Robert Pakpahan yang saat ini menjabat sebagai Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko dikabarkan bakal menggantikan Ken.

sri mulyani
Arief Kamaludin|Katadata
Sri Mulyani dikabarkan akan melantik Robert Pakpahan sebagai Dirjen Pajak baru.

Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi akan mengakhiri masa tugasnya hari ini. Menteri Keuangan Sri Mulyani pun telah bersiap untuk melantik dirjen baru pengganti Ken yang akan memasuki masa pensiun mulai 1 Desember 2017.

Kementerian Keuangan telah menyebar undangan pelantikan eselon 1 pada malam ini pukul 19.00 WIB di Aula Mezanine Kementerian Keuangan, Gedung Juanda 1 lantai M. Dari undangan yang beredar, dua pejabat Eselon I yang bakal dilantik yakni Dirjen Pajak dan Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR).

Berdasarkan informasi yang diperoleh Katadata, Robert Pakpahan yang saat ini menjabat sebagai Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, yang bakal menggantikan posisi Ken.

"Dengan hormat kami sampaikan undangan Ibu Menteri Keuangan kepada Bapak/Ibu Menteri/Kepala untuk menghadiri pelantikan Dirjen Pajak dan Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko, Kementerian Keuangan," sebagaimana dikutip dari undangan yang beredar di Jakarta, Kamis (30/11).

(Baca: Sri Mulyani Klaim Jokowi Belum Putuskan Dirjen Pajak yang Baru)

Robert tak membantah maupun membenarkan mengenai kabar dirinya akan menggantikan Ken. "No comment, itu ketetapan presiden. Jadi enggak komen ah," kata dia.

Pihak Kementerian Keuangan belum memberikan konfirmasi mengenai perihal pelantikan ini. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dan para menteri telah menggelar rapat Tim Penilai Akhir yang di antaranya membahas mengenai calon dirjen pajak.

Sumber Katadata menyatakan, Sri Mulyani menyetor tiga nama calon Dirjen Pajak.  Tiga nama yang disodorkan yakni Robert, Suryo Utomo yang kini menjabat Staf Ahli Menteri Keuangan bidang Kepatuhan Pajak; dan Staf Ahli Menteri Keuangan bidang Peraturan dan Penegakan Hukum Pajak Awan Nurmawan Nuh.

(Baca: Sri Mulyani Sodorkan Tiga Nama Calon Dirjen Pajak ke Jokowi)

Robert Pakpahan mulai menjabat sebagai Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko pada 19 Maret 2015. Sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Penerimaan Negara. Ia mendapatkan gelar Doctor of Philosophy in Economics dari University of North Carolina At Chapel Hill, USA, pada 1998.

Reporter: Desy Setyowati

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan