Jajal Tol Soroja, Jokowi Menumpang Bus Persib

Ameidyo Daud Nasution
4 Desember 2017, 20:23
Jokowi Meresmikan Tol Soreang-Pasir Koja
Kris | Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi meresmikan tol Soreang-Pasir Koja (Soroja)

Sudah menjadi kebiasaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal langsung proyek infrastruktur jalan tol yang baru rampung. Namun, kali ini ada yang berbeda dalam peresmian tol Soreang - Pasirkoja (Soroja) siang tadi. Presiden menjajal tol tersebut dengan menumpang bus klub sepak bola Persatuan Sepak Bola Indonesia Bandung (Persib) didampingi beberapa pemainnya.

Ketika ditanya mengapa menggunakan bus tim tersebut, Jokowi hanya menjawab enteng bahwa bus tersebut bagus. "Bus Persib-nya bagus, dan ada di situ. Saya lihat bagus, naik saja," kata Jokowi dalam keterangan resmi Sekretariat Presiden, Senin (4/12).

Jokowi mengatakan ruas tol dengan panjang 10,5 kilometer ini telah dinantikan keberadaannya oleh masyarakat selama 21 tahun sejak 1996. Setelah lima kali berganti presiden, Pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kalla mampu melanjutkan pembangunan tol tersebut. Adapun pengerjaan fisik proyek ini hanya berlangsung dua tahun lebih.

(Baca: Infrastruktur Mulai Rampung, Jokowi Ajak Pengusaha investasi di Daerah)

Menurut Jokowi, dengan adanya jalan tol ini perjalanan Soreang menuju Bandung yang saat ini 1,5 jam dapat dipersingkat menjadi hanya 12 menit. Dia berharap jalan tol ini bisa berpengaruh pada peningkatan perekonomian masyarakat. Tol Soroja yang menjadi bagian dari jaringan transportasi Bandung Raya dan terkoneksi dengan Tol Purbaleunyi ini memiliki lima gerbang, yaitu Margaasih Barat, Margaasih Timur, Kutawaringin Barat, Kutawaringin Timur, dan Soreang.

"Ini dinantikan masyarakat Kabupaten Bandung dan sekitarnya," kata Jokowi.

Dia juga meminta wilayah Bandung Selatan bersiap untuk mengalami percepatan di berbagai bidang dengan adanya tol ini. Apalagi banyak objek wisata di wilayah Bandung Selatan seperti Cimangu, Kawah Putih, dan Ciwalini. Kemudian wisata danau seperti Situ Patenggang dan Cileunca juga terletak di kawasan ini. Objek lainnya adalah kebun teh Rancabali, Ciwidey, hingga Pengalengan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...