Jajal Tol Soroja, Jokowi Menumpang Bus Persib

Penulis: Ameidyo Daud

Editor: Safrezi Fitra

4/12/2017, 20.23 WIB

Tol sepanjang 10,5 kilometer ini telah dinantikan keberadaannya oleh masyarakat selama 21 tahun sejak 1996.

Jokowi Meresmikan Tol Soreang-Pasir Koja
Kris | Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi meresmikan tol Soreang-Pasir Koja (Soroja)

Sudah menjadi kebiasaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal langsung proyek infrastruktur jalan tol yang baru rampung. Namun, kali ini ada yang berbeda dalam peresmian tol Soreang - Pasirkoja (Soroja) siang tadi. Presiden menjajal tol tersebut dengan menumpang bus klub sepak bola Persatuan Sepak Bola Indonesia Bandung (Persib) didampingi beberapa pemainnya.

Ketika ditanya mengapa menggunakan bus tim tersebut, Jokowi hanya menjawab enteng bahwa bus tersebut bagus. "Bus Persib-nya bagus, dan ada di situ. Saya lihat bagus, naik saja," kata Jokowi dalam keterangan resmi Sekretariat Presiden, Senin (4/12).

Jokowi mengatakan ruas tol dengan panjang 10,5 kilometer ini telah dinantikan keberadaannya oleh masyarakat selama 21 tahun sejak 1996. Setelah lima kali berganti presiden, Pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kalla mampu melanjutkan pembangunan tol tersebut. Adapun pengerjaan fisik proyek ini hanya berlangsung dua tahun lebih.

(Baca: Infrastruktur Mulai Rampung, Jokowi Ajak Pengusaha investasi di Daerah)

Menurut Jokowi, dengan adanya jalan tol ini perjalanan Soreang menuju Bandung yang saat ini 1,5 jam dapat dipersingkat menjadi hanya 12 menit. Dia berharap jalan tol ini bisa berpengaruh pada peningkatan perekonomian masyarakat. Tol Soroja yang menjadi bagian dari jaringan transportasi Bandung Raya dan terkoneksi dengan Tol Purbaleunyi ini memiliki lima gerbang, yaitu Margaasih Barat, Margaasih Timur, Kutawaringin Barat, Kutawaringin Timur, dan Soreang.

"Ini dinantikan masyarakat Kabupaten Bandung dan sekitarnya," kata Jokowi.

Dia juga meminta wilayah Bandung Selatan bersiap untuk mengalami percepatan di berbagai bidang dengan adanya tol ini. Apalagi banyak objek wisata di wilayah Bandung Selatan seperti Cimangu, Kawah Putih, dan Ciwalini. Kemudian wisata danau seperti Situ Patenggang dan Cileunca juga terletak di kawasan ini. Objek lainnya adalah kebun teh Rancabali, Ciwidey, hingga Pengalengan.

Semua objek wisata tersebut bisa diakses dengan lebih cepat dengan adanya tol baru ini. "Jangan lupa bersiap dengan e-toll karena pintunya (sudah) elektronik," ujarnya.

Bandung Selatan merupakan daerah yang memiliki potensi besar di berbagai bidang, mulai dari hunian, industri, wisata, pusat pemerintahan Kabupaten Bandung, hingga sarana olahraga. Para atlet, calon-calon atlet, penggemar sepak bola, olahraga lain akan hemat waktu dan ongkos untuk mencapai stadion. "Ini bisa mempercepat bangkitnya prestasi olah raga kita," kata Jokowi.

(Baca: Baru Diresmikan Jokowi, Tol Becakayu Akan Segera Dijual)

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Herry Trisaputra Zuna mengatakan pembangunan Tol Soroja ini menghabiskan biaya Rp 1,765 triliun merupakan kerja sama pemerintah dan badan usaha, yang sahamnya 65 persen dimiliki PT CMNP, 25 persen PT Wijaya Karya dan 10 persen Jasa Sarana.

Saat meresmikan tol ini, Presiden didampingi beberapa jajaran kabinetnya, yakni Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Selain Soroja yang diresmikan hari ini, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menargetkan peresmian dua ruas jalan tol pada bulan ini. Keduanya adalah Surabaya - Mojokerto, hingga Solo - Ngawi. "Saya kira habis dari Medan (resepsi pernikahan putri Presiden), Beliau akan meresmikan," kata Basuki beberapa minggu lalu.

 

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan