Pabrik Mattel di Bekasi Pasok 60% Boneka Barbie untuk Pasar Global

Dimas Jarot Bayu
5 Desember 2017, 09:53
Barbie Mattel
Humas Kementerian Perindustrian
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Executive Vice President and Chief Supply Chain Officer, Mattel, Inc. Peter Gibbon memperhatikan berbagai model boneka Barbie produksi PT Mattel Indonesia di Cikarang, Bekasi (4/12).

Produsen mainan Mattel Inc memusatkan kegiatan produksinya di Cikarang, Bekasi. Pabrik Mattel ini memasok 60% produk boneka Barbie ke seluruh pasar global, mengungguli produksi di Tiongkok.

“Jadi, enam dari sepuluh boneka yang beredar di dunia itu berasal dari Indonesia, dibuat dengan tangan-tangan terampil anak bangsa kita,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Cikarang, Bekasi, Senin (4/11).

Airlangga menilai Mattel yang memusatkan produksi di Indonesia menunjukkan industri nasional mampu bersaing di kancah global. Mattel merupakan pabrikan mainan global yang memproduksi berbagai mainan di antaranya Barbie, Hot Wheels, Fisher-Price, Thomas & Friends.

(Baca:  Toys ‘R’ Us Amerika Bangkrut, Asia Masih Aman

Mattel juga memiliki pabrik mobil mainan diecast di Indonesia dengan kapasitas produksi mencapai 50 juta unit per tahun. “Itu pabrik Hot Wheels di Cikarang milik PT Mattel Indonesia. Industri otomotif mini lebih besar 50 kali dari otomotif benaran,” kata dia.

Airlangga pun menilai kinerja industri mainan memberikan kontribusi signifikan bagi pertumbuhan manufaktur dan ekonomi nasional. Terlebih, industri mainan tergolong sektor padat karya yang berorientasi ekspor.

Hingga September 2017 ekspor komoditi mainan telah mencapai US$ 228,39 juta. Angka itu naik sebesar 8,97% dibandingkan periode yang sama pada 2016 sebesar US$ 209,59 juta.

Selain itu, industri mainan juga memberi dampak positif terhadap penyerapan tenaga kerja di Indonesia. Airlangga menuturkan, industri mainan telah menyerap tenaga kerja sebesar 23.116 orang dengan nilai investasi sebesar US$ 14,76 juta pada 2016 dan mencapai US$ 9,52 juta sampai triwulan III/2017.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...