Bappenas Serahkan Kajian Ibukota Baru ke Jokowi Akhir Bulan Ini

Ameidyo Daud Nasution
12 Desember 2017, 19:20
Bambang Bappenas
Arief Kamaludin | Katadata

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan kajian mengenai Ibukota RI yang baru, akan selesai akhir bulan ini. Setelah rampung, Bappenas akan menyerahkan hasil kajian tersebut kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Sekarang sudah hampir selesai," ujarnya saat ditemui di Hotel Sahid, Jakarta, Selasa (12/12).

Advertisement

Ada beberapa kandidat daerah yang dikaji untuk dijadikan Ibukota. Namun, Bambang masih belum bisa memberitahukan di mana lokasi spesifik calon Ibukota Indonesia yang baru dalam kajian tersebut. Dia hanya memastikan lokasinya berada di luar pulau Jawa. 

Selain lokasi, hal lain yang masuk dalam kajian tersebut diantaranya skema pembiayaan hingga perkiraan kebutuhan pendanaan. Namun dia menambahkan bahwa kajian belum membahas desain tata kotanya. (Baca: Balikpapan Jadi Salah Satu Kandidat Kuat Ibu Kota Baru)

Pertengahan tahun ini, Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menolak usulan tambahan anggaran untuk kajian pemindahan ibukota di sebesar Rp 7 miliar dalam pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP 2017).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement