Hingga 2025, Pertamina Akan Bangun Pembangkit Panas Bumi 2,1 GW

Anggita Rezki Amelia
13 Desember 2017, 19:07
Panas Bumi
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Pertamina (Persero) menargetkan pembangunan pembangkit Energi Baru Terbarukan (EBT) berbasis panas bumi bisa mencapai 2,1 Gigawatt (GW) hingga 2025. Tujuannya untuk membantu pemerintah mencapai target bauran EBT sebesar 23% dari total penggunaan energi di tahun 2025. 

Direktur Utama PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) Irfan Zainuddin mengatakan jika 2,1 GW itu bisa terbangun, maka 29% target pemerintah untuk panas bumi di tahun 2025 sudah terpenuhi. Adapun target pemerintah untuk pembangkit panas bumi adalah 7,2 GW pada 2025.

Advertisement

Jadi, Pertamina akan berupaya mengejar target tersebut. “Ini challenge yang besar. Namun kami yakin ada prospek," kata dia dalam Pertamina Energy Forum 2017, di Jakarta, Rabu (13/12).

Untuk mencapai target tersebut, Pertamina sudah memiliki sumber daya manusia yang handal dan kompeten di bidang panas bumi. Selain itu Pertamina memiliki teknologi yang bisa dipakai untuk menunjang kinerja.

Di sisi lain ada beberapa tantangan dalam mengejar target itu. Di antaranya harus memiliki finansial yang kuat, sebab proyek panas bumi umumnya memerlukan investasi yang jumbo. Apalagi proyek panas bumi rentan risiko dan memakan waktu lama karena harus melakukan eksplorasi untuk mendapatkan uap. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement