Kereta Api Jakarta-Bandung Akan Uji Coba Gunakan Biodiesel

Anggita Rezki Amelia
18 Desember 2017, 15:57
Microsite Biodiesel
Arief Kamaludin | Katadata
Biodiesel murni dan campuran solar dengan kadar 10 dan 20 persen.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan menguji coba penggunaan bahan bakar Solar bercampur minyak nabati sebesar 20% (Biodiesel-20/ B20). Uji coba kali ini akan diterapkan pada kereta api jurusan Jakarta-Bandung.

Menurut Staf Ahli Bidang Ekonomi Sumber Daya Alam Kementerian ESDM Dadan Kusdiana, uji coba ini diterapkan mulai tahun depan selama tiga bulan. "Uji coba ini akan mulai dilakukan pada periode Januari hingga Maret,” kata dia di Belitung, akhir pekan lalu.

Uji coba ini dilakukan untuk mengetahui kecocokan penggunaan bahan bakar biodiesel terhadap mesin kereta api. Ini karena dalam uji coba sebelumnya, menemukan ketidakcocokan antara biodiesel dan mesin kereta api. Namun, uji coba itu hanya dilakukan terhadap satu merek.

Dadan mengatakan hasil kajian awal memang menunjukkan kalau injector kereta api tidak tahan terhadap biodiesel. Ini karena injector tersebut lebih lunak dibandingkan mobil diesel. ”Mungkin itu menjadi penyebab utama terjadinya beberapa kali keluar api pada mesin lokomotif kereta," ujar Dadan.

Namun, sambil menunggu hasil B20 selesai, pemerintah juga akan menguji coba B30. Tujuannya agar tidak ada kendala dalam penerapannya. Apalagi kajian awal B30 sudah selesai.  

Uji coba untuk B30 ini nantinya diterapkan untuk transportasi darat selain kereta api. "Kajiannya sudah selesai, akan dicoba pada transportasi darat selain kereta api," ujar Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...