Jonan Harap Sri Mulyani Segera Bayar Utang Subsidi Pertamina Rp 40 T

Dimas Jarot Bayu
27 Desember 2017, 14:45
Jonan
ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
Menteri ESDM Ignasius Jonan.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan berharap Menteri Keuangan Sri Mulyani segera membayar tunggakan subsidi subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan elpiji (Liquefied Petroleum Gas/LPG). Pembayaran tunggakan subsidi BBM tersebut diperlukan agar tidak mengganggu arus kas keuangan Pertamina.

Jonan mengatakan, sebenarnya untuk tagihan Pertamina kepada pemerintah sudah dialokasikan dalam APBN bersamaan dengan subsidi. Namun, karena permasalahannya ada pada arus kas keuangan, Jonan pun mendorong agar Sri Mulyani segera mengalokasikan pelunasan tagihan Pertamina tersebut.

Advertisement

"Saya juga sudah mohon kepada Menteri Keuangan ada alokasi segera untuk membayar tagihan Pertamina sebagai badan usaha itu kepada pemerintah," kata Jonan di Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (27/12).

(Baca: Jaga Daya Beli, Pemerintah Tak Naikkan Harga BBM & Listrik Awal 2018)

Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik mengatakan, pemerintah selama ini memiliki piutang sebesar Rp 40 triliun. Hingga saat ini, pemerintah baru membayar sebesar Rp 5,5 triliun yang merupakan tagihan subsidi BBM Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Sementara, sisa tunggakan sekitar Rp 34,5 triliun diharapkan dilunasi di awal tahun mendatang. "Jadi kami berharap mungkin akhir tahun atau awal tahun depan sisanya (dilunasi)," kata Elia.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement