Turun Separuh, Cuma 7 Proyek Hulu Migas Beroperasi Tahun 2018

Anggita Rezki Amelia
29 Desember 2017, 13:45
Rig
Katadata

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menargetkan tujuh proyek hulu migas akan beroperasi atau onstream tahun depan. Jumlah ini lebih rendah jika dibandingkan dengan 14 proyek yang beroperasi sepanjang 2017.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Wisnu Prabawa Taher mengatakan secara kebetulan proyek migas yang dapat terealisasi tahun depan berjumlah tujuh proyek. Dia menyatakan, jadwal beroperasi tiap-tiap proyek hulu migas tidak ada yang sama.

Selain itu masa pembangunan proyek migas pun membutuhkan waktu dua hingga tahun, tergantung besar proyeknya. Dengan demikian tidak semua proyek hulu migas sekaligus bisa selesai dalam waktu yang sama.

"Kebetulan di jadwalnya di 2018 ada tujuh proyek yang akan onstream, sementara proyek lainnya masih berjalan, 14 proyek migas di 2017 pun hasil kerja di tahun-tahun sebelumnya, sehingga ini karena penjadwalan saja," kata Wisnu kepada Katadata, Jumat (29/12).

(Baca: SKK Migas Kebut Empat Proyek Strategis Nasional Hulu Migas)

Tujuh proyek hulu migas tersebut, sebagian besar memiliki jadwal operasi pada Desember 2018. Berdasarkan data SKK Migas, tujuh proyek tersebut, yakni:

Pertama, proyek optimalisasi fasilitas produksi Lica, yang dikerjakan oleh PT Medco E&P Indonesie. Kapasitas fasilitas produksi sebesar 4.000 barel per hari (bph) dengan perkiraakn produksi puncaknya sekitar 3.700 bph. Proyek ini ditargetkan beroperasi pertama kali pada Maret 2018.

Kedua, proyek Blok A gas field development oleh PT Medco E&P Malaka. Kapasitas fasilitas produksinya sebesar 3.100 bph untuk minyak dan gas sebesar 55 juta kaki kubik per hari (mmscfd). Estimasi puncak produksinya sebesar kapasitas fasilitas produksi. SKK Migas menargetkan proyek ini beroperasi di Maret 2018.

Halaman:
Editor: Yuliawati
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...