Biasanya, kalaupun ada politisi, hanya Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri lah yang mendampingi Jokowi pada acara-acara resmi.
Presiden Jokowi Jajal Kereta Bandara Soekarno Hatta
Presiden Jokowi bersama Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Muhaimin Iskandar serta beberapa anggota kabinet, mencoba Kereta Bandara Soekarno Hatta, Selasa (2/1). JAY/Setkab

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini meresmikan Kereta Bandara Soekarno Hatta - Sudirman Baru. Tak hanya jajaran menteri Kabinet Kerja, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar juga tampak bersama rombongan Jokowi.

Saat menjajal kereta dari Bandara Soekarno Hatta pun, pria yang akrab disapa Cak Imin itu tampak duduk persis di samping Jokowi. Ini pemandangan yang tak lazim. Sebab biasanya, kalau pun ada, hanya Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri lah yang mendampingi Jokowi pada acara-acara resmi.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Ketika ditanyakan perihal kehadiran Muhaimin, Jokowi hanya beralasan dirinya sudah lama tidak bertemu dengan mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi tersebut.

“Saya lama tidak ketemu dengan Beliau. Kemarin saya telepon, saya ajak, ketemu di Bandara (Soekarno Hatta) saja, naik kereta," ujar Jokowi usai peresmian, di stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Selasa (2/1).

Lalu apa yang dibahas oleh keduanya? “Ngobrolin kereta, banyak,” kata Jokowi. Saat ditanya spekulasi mengenai Muhaimin yang hendak menjadi calon Wakil Presiden di 2019, Jokowi hanya menjawab singkat. "Bagus, bagus.”

Jokowi yang mengenakan kaos merah marun dan sepatu merah ini berangkat dari stasiun Bandara pada pukul 09.13 pagi tadi. Selain Muhaimin, ada beberapa menteri terkait yang turut mendampingi Jokowi.

(Baca juga: Resmikan Kereta Bandara, Jokowi Bicara Kemungkinan Harga Tiket Naik)

Di antaranya adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Selain itu ada pula Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Selain para menteri, tampak juga hadir beberapa direktur BUMN yang terkait dalam pembangunan proyek ini. Di antaranya ada Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Edi Sukmoro hingga Direktur Utama PT Angkasa Pura II M Awaluddin.

Kebersamaan Jokowi dan Muhaimin ini bersamaan dengan akan berakhirnya masa pendaftaran calon pasangan gubernur dan wakil gubernur untuk memiliki pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun ini. Di Jawa Timur, selaku Ketua Umum PKB, Muhaimin mengusung Saifullah Yusuf sebagai calon gubernur.

Saifullah akan bersaing dengan Khofifah Indar Parawansa yang diusung oleh Partai Golkar dan Partai Demokrat. Kabarnya, Jokowi turut mendukung Menteri Sosial tersebut untuk maju dalam Pilkada Jatim. 

Ameidyo Daud
Artikel Terkait
Sungai Citarum merupakan sumber air bagi 27,5 juta penduduk Jawa Barat dan DKI Jakarta. Bahkan 80 persen pasokan air DKI berasal dari sungai ini.
Bahkan saat menyantap makan siang bersama, Jokowi sempat mencari Uu sesampainya di meja makan. "Ini pak Bupati saya cariin," ujarnya
Nelayan minta diizinkan menggunakan cantrang selama dilakukan uji petik untuk mengetahui bahaya dari penggunaan alat tersebut.