Arcandra Teken Persetujuan Pengembangan Blok Kasuri

Anggita Rezki Amelia
8 Januari 2018, 20:39
Rig
Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akhirnya merestui pengembangan blok Kasuri di Papua Barat. Blok ini sudah dikelola Genting Oil Kasuri Pte Ltd sejak tahun 2008 ini sampai saat ini memang belum berproduksi.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan persetujuan rencana pengembangan lapangan (Plan of Development/PoD) sudah lama diberikan. “Saya sudah tanda tangan dan paraf,” kata dia di Jakarta, Senin (8/1).

Advertisement

Meski begitu, Arcandra tidak mengetahui secara pasti pembeli gas hasil produksi blok Kasuri. Itu karena masuk dalam ranah Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Pembeli gas memang sempat menjadi kendala dalam pengembangan blok Kasuri. Penyebabnya adalah Genting sebagai operator dan calon pembeli tidak mencapai titik temu mengenai harga gas bumi tersebut. Adapun harga yang diminta pembeli adalah US$ 3 per mmbtu.

Namun, Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Wisnu Prabawa Taher mengatakan gas tersebut akan dialokasikan untuk PT Pupuk Indonesia. Nantinya Pupuk akan membentuk konsorsium dengan perusahaan lain. Sayangnya Wisnu belum mau merinci perusahaan tersebut. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement