Usung Sudirman Said, PKB dan Gerindra cs Koalisi di Pilgub Jawa Tengah

Dimas Jarot Bayu
9 Januari 2018, 12:37
Sudirman Said
Dok. Istimewa
Partai Gerindra mengumumkan Sudirman Said sebagai calon gubernur dalam Pilkada Jawa Tengah, di rumah kediaman Prabowo Subianto, Rabu (13/12).

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengusung Ketua Fraksi DPR Ida Fauziyah sebagai calon wakil gubernur pendamping Sudirman Said. Dengan demikian, PKB berkoalisi dengan Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN) dalam pemilihan gubernur Jawa Tengah 2018. 

"Jawa Tengah kan Pak Sudirman Said sama Bu Ida Fauziyah. Jadi nanti akan diumumkan, pemberitahuannya pukul 14.00 WIB," kata Wakil Sekretaris Jenderal PKB Jazilul Fawaid di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (9/1).

Jazilul mengatakan, pertimbangan PKB menyodorkan nama Ida menjadi calon wakil gubernur bagi Sudirman karena tidak ada sosok perempuan yang bertarung dalam pilgub Jawa Tengah. Padahal, lanjut Jazilul, proporsi pemilih perempuan cukup besar di Jawa Tengah.

"Kan ada 49-50% lebih banyak pemilihnya perempuan, kalau nanti ada Bu Ida mewakili Sudirman Said sebagai unsur perempuan, walaupun ini tidak bicara gender tapi bisa memberikan harapan baru untuk Jawa Tengah sesuai tagline Pak Sudirman," kata Jazilul.

(Baca: Usung Sudirman Said di Pilkada Jateng, Prabowo Bebaskan Sosok Cawagub)

Jazilul optimistis jika nantinya duet Sudirman-Ida dapat mengungguli pasangan calon pesaing, Ganjar Pranowo-Taj Yasin. Ganjar dan Taj Yasin di antaranya didukung koalisi PDI P, Golkar, dan Demokrat. 

Menurut Jazilul, ada masyarakat Jawa Tengah yang meminta suara perubahan di sana. "Kami memahami ada keinginan perubahan pimpinan yang baru. Di Jawa Tengah ada itu, suara-suara kuat untuk pemimpin baru," kata Jazilul.

Halaman:
Editor: Yuliawati
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...