55 Perusahaan EBT Belum Selesaikan Pemenuhan Pembiayaan Pembangkit

Anggita Rezki Amelia
10 Januari 2018, 20:34
Listrik
Katadata | Arief Kamaludin

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat ada puluhan pengembang swasta (Independent Power Producer/IPP) yang belum menyelesaikan pemenuhan pembiayaan proyek pembangkit (financial closing) energi baru terbarukan. Padahal mereka sudah menandatangani kontrak jual beli listrik (PPA) dengan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)/PLN pada  Agustus 2017 lalu.

 Perusahaan yang belum menyelesaikan financial closing itu terdiri dari 55 perusahaan. Mereka adalah bagian dari 68 perusahaan yang sudah menandatangani PPA dengan PLN.

Atas dasar itu, Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Rida Mulyana berusaha mencari jalan keluar masalah tersebut. “Nanti kami panggil mereka apa kesulitannya," kata dia di Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (10/1).

Jika dalam pertemuan itu belum juga ketemu jalan keluar, maka akan dibahas bersama Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar. Sehingga proyek energi baru terbarukan bisa segera berjalan.

Di sisi lain, mengenai permintaan pelaku usaha untuk merevisi klausul pengembalian aset (BOOT) yang ada di Peraturan Menteri ESDM Nomor 50 tahun 2017, menurut Rida masih dalam kajian. "Ini mau direvisi atau tidak, kami masih lihat dulu hasilnya," kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...