PetroChina Incar Hak Kelola Blok Mahakam Hingga 20%

Anggita Rezki Amelia
10 Januari 2018, 15:52
Ambil Alih Lapangan Migas Blok Mahakam
Arief Kamaludin|KATADATA
Pekerja sedang beraktifitas pada North Processing Unit (NPU) wilayah kerja Blok Mahakam di Kutai Kartanegara, Minggu (31/12).

Perusahaan minyak dan gas bumi (migas) asal Tiongkok, PetroChina tengah mengincar hak kelola di blok Mahakam. Blok ini saat ini dikelola PT Pertamina (Persero) setelah kontrak Total E&P Indonesie dan Inpex Corporation berakhir pada 31 Desember 2017.

Vice President Supply Chain Management & Operation Support PetroChina Gusminar mengatakan target yang diincar perusahaannya sekitar 15% hingga 20%. “Masih pembahasan, belum resmi. Kami bahas belum lama, pekan ini,” kata dia di Jakarta, Rabu (10/1).

Meski begitu, Gusminar besaran porsi itu masih harus dibahas dengan PT Pertamina (Persero). Apalagi Pertamina dengan Total dan Inpex juga masih bernegosiasi mengenai porsi Mahakam.

Gusminar menargetkan tahun ini sudah ada keputusan mengenai bergabungnya perusahaan mereka dengan Pertamina. “Pertamina sama Total kan masih diskusi, jadi unofficial kami lakukan meeting dulu,” ujar dia.

Sejak tahun 2015, pemerintah memang sudah memutuskan PT Pertamina (Persero) menjadi operator dan memberikan 100% hak pengelolaan blok Mahakam setelah kontrak berakhir.  Atas dasar itu, perusahaan pelat merah itu sejak 1 Januari 2018 sudah resmi mengelola blok tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...