Lobi Tiga Malam PPP dan PDIP Usung Djarot-Sihar di Pilgub Sumut

Dimas Jarot Bayu
11 Januari 2018, 10:28
 Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus
ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi
Bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sumut Djarot Saiful Hidayat (kiri) dan Sihar Sitorus (kanan) naik becak motor saat akan mendaftar ke KPU Sumatera Utara, di Medan, Rabu (10/1).

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) resmi mengusung pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus dalam pemilihan gubernur Sumatera Utara 2018. Pengusungan pasangan tersebut antara PPP dan PDIP melalui pembahasan yang cukup alot.

Ketua Umum PPP Romahurmuziy menceritakan awalnya partai berlambang kabah itu meminta agar pendamping Djarot bukanlah Sihar, melainkan kadernya. Alasannya, menurut Romi -begitu Romahurmuzy disapa, agar konsolidasi kedua partai bisa terlaksana dengan baik.

Menurut dia, ada beberapa aspirasi dari DPW PPP Sumut yang belum menyepakati Djarot berpasangan dengan Sihar. Romy pun melihat dinamika yang terjadi di Sumut tersebut.

"Karena itu butuh tiga malam untuk berdiskusi dengan PDIP," kata Romy di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (10/1).  (Baca: Sempat Bimbang, Megawati Akhirnya Restui Djarot Ikut Pilgub Sumut)

Romy mengatakan, salah satu diskusi yang dilakukan adalah dalam pertemuan dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di kediamannya, Jalan Teuku Umar, Jakarta, Selasa (9/1) malam. Dalam diskusi tersebut, PPP memberikan tiga opsi.

Romy mengatakan, salah satu opsi adalah dengan memasangkan Djarot dengan Gubernur petahana Sumut Tengku Erry Nuradi. Selain itu, PPP juga menawarkan opsi memasangkan Djarot dengan Wakil Gubernur petahana Sumut Nur Azizah Marpaung.

"Ketiga kita menyarankan rekan-rekan PDIP untuk bisa memilih nama-nama yang berada dalam koridor warna PPP," kata Romy.

Meski demikian, akhirnya PPP dan PDIP tetap bersepakat untuk mengusung Djarot-Sihar untuk maju dalam Pilkada Sumut. Dipilihnya pasangan tersebut dengan pertimbangan bahwa waktu pendaftaran pasangan calon tinggal satu hari.

Saat itu, calon pasangan pesaing Djarot-Sihar, Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah (Ijeck) telah resmi mendaftar untuk ikut dalam Pilkada Sumut. Edy-Ijeck saat ini diusung oleh Golkar, Gerindra, PKS, PAN, Nasdem, dan Hanura dengan akumulasi 60 kursi DPRD Sumut.

Ada pula pasangan calon lainnya, yakni Jopinus Ramli (JR) Saragih dan Ance Selian. JR-Ance diusung Demokrat, PKPI, dan PKB, dengan akumulasi 20 kursi DPRD Sumut.

Halaman:
Editor: Yuliawati
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...