Gelar Rapat Perdana, KSSK Pantau Ancaman Harga Minyak dan Bitcoin

Rizky Alika
23 Januari 2018, 15:21
Sri Mulyani
Katadata

Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) baru saja menggelar rapat koordinasi perdana di 2018. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, sistem keuangan terpantau berada dalam kondisi stabil hingga kuartal IV 2017. Namun, KSSK mencermati beberapa tantangan.

“KSSK mencermati sejumlah tantangan yang dapat memengaruhi stabilitas sistem keuangan baik dari sisi eksternal maupun domestik,” kata Sri Mulyani saat Konferensi Pers di Kementerian Keuangan, Selasa (23/1).

Advertisement

Dari sisi eksternal, ia menjelaskan, KSSK mencermati rencana lanjutan kenaikan bunga dana dan normalisasi neraca bank sentral Amerika Serikat (AS). Selain itu, normalisasi moneter negara maju seperti Eropa dan Jepang, moderasi pertumbuhan ekonomi Tiongkok, dan konflik geopolitik.

Sementara itu, dari sisi domestik, KSSK mencermati dampak kenaikan harga minyak terhadap inflasi atau subsidi, dan aliran dana nonresiden ke pasar keuangan, serta tingkat permintaan kredit perbankan yang belum sepenuhnya pulih.

“Persepsi pasar terhadap kondisi politik jelang Pilkada serentak 2018 dan Pilpres 2019 juga kami cermati,” kata Sri Mulyani. KSSK juga membahas mengenai perkembangan mata uang virtual, termasuk bitcoin. (Baca juga: Dukung BI, Giliran Kemenkeu Peringatkan Bahaya Bitcoin)

Adapun kondisi stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan saat ini diklaim terkendali lantaran melihat sejumlah indikator, yaitu tingkat inflasi yang rendah sesuai target, neraca transaksi berjalan pada tingkat yang sehat, aliran masuk modal asing yang stabil, nilai tukar rupiah yang terjaga, dan cadangan devisa yang menguat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement