Laba Pertagas Tahun 2017 Berhasil Lampaui Target

Arnold Sirait
23 Januari 2018, 11:24
Gas Pertagas
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Pertamina Gas/Pertagas telah menyelesaikan audit laporan keuangan sepanjang tahun 2017. Hasilnya, laba bersih anak perusahaan PT Pertamina (Persero) itu bisa melampaui dari target yang sudah ditetapkan.

Public Relation Manager Pertagas Hatim Ilwan mengatakan selama tahun 2017, perusahaannya berhasil memperoleh laba bersih US$ 141 juta. Padahal targetnya hanya  sekitar US$ 125 juta. “Itu sudah diaudit,” kata dia kepada Katadata.co.id, dikutip Selasa (23/1).

Sepanjang tahun 2017, Pertagas memiliki beberapa kegiatan, di antaranya adalah memulai pembangunan pipa gas open access (akses terbuka) ruas Grissik – PUSRI. Pipa yang akan digarap Konsorsium PT Rekayasa Industri/Rekind dan PT Wahanakarsa Swandiri sebagai kontraktor pelaksana ini berguna untuk memasok gas untuk kebutuhan energi dan bahan baku PT Pupuk Sriwidjaja (PUSRI) di Sumatera Selatan.

Ruas pipa gas Grissik – PUSRI ini akan dibangun dengan diameter 20 inchi sepanjang 176 km. Pipa ini melewati dua kabupaten yakni Banyuasin dan Musi Banyuasin, serta satu kota yaitu Palembang di Sumatera Selatan. 

Pembangunan pipa ini targetnya bisa selesai 11 bulan sejak 19 Juli 2017. Pada tahun pertama, volume penyaluran gas untuk memenuhi kebutuhan PUSRI mencapai 30 MMSCFD. Kemudian bertambah menjadi 70 MMSCFD.‎ Adapun sumber gas untuk ruas ini berasal dari Lapangan Grissik COPI dengan PUSRI sebagai konsumen utamanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...