Ditopang Emas, Penjualan Antam 2017 Melonjak 38% Jadi Rp 12,5 Triliun

Image title
30 Januari 2018, 16:09
Antam
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (Antam) mencatatkan penjualan bersih Rp 12,55 triliun pada 2017, naik 38 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Komoditas emas masih menjadi komponen terbesar pendapatan, dengan kontribusi Rp 7,37 triliun atau 59 persen dari total penjualan bersih tahun lalu.

Berdasarkan laporan kinerja Antam tahun lalu yang belum diaudit, penjualan emas naik 33 persen. Produksi emas Antam sebesar 2.207 kilogram, dengan penjualan bersih mencapai 10.227 kilogram. Peningkatan penjualan ini juga tidak lepas dari inovasi dan kerja sama Antam dengan beberapa pihak.

Tahun lalu Antam telah menandatangani kerjasama dengan PT Pos Indonesia (Persero) untuk memanfaatkan 205 Kantor Pos di seluruh Indonesia sebagai channel penjualan dan distribusi emas. Perseroan juga melakukan inovasi produk dengan melakukan penjualan produk emas batangan bermotif “Hello Kitty” ke Jepang, inovasi produk emas batik dan emas batangan tematik seperti edisi Natal, Idul Fitri serta produk perhiasan.

“Peningkatan volume penjualan emas, sejalan dengan upaya Perusahaan untuk terus berupaya melakukan perluasan pasar serta inovasi pada produk emas Logam Mulia,” seperi dikutip dalam keterangan resmi Antam pada keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, Senin (29/1).

(Baca: Semester I, Aneka Tambang Rugi Rp 496 Miliar)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...