Mendag Tuding Blibli.com Jual 90% Produk Asing

Pingit Aria
2 Februari 2018, 12:36
Logistik e-commerce
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Pekerja memilah paket barang di gudang logistik TIKI di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan bahwa ada e-commerce yang menjual hingga 90% produk impor di platform-nya. Pemerintah kini membuat wacana untuk mewajibkan e-commerce menjual minimal 80% produk lokal.

“Kami duga Blibli.com 90% menjual produk asing,”  kata Enggar saat pembukaan Rapat Kerja Kementerian Perdagangan di Hotel Borobudur, Rabu (31/1) lalu. Ia menambahkan, “Tapi ini kan dugaan yang tidak bisa kami nyatakan berapa tepatnya, persisnya.”

Enggar menyatakan, ada arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Kementerian Komunikaksi dan Informatika, Kementerian Keuangan, serta Kementerian Koordinator Perekonomian untuk mengontrol barang-barang yang dijual di e-commerce. “Kita harus bisa memanfaatkan marketplace besar untuk produk lokal,” ujarnya.

Sementara Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri (PDN), Kementerian Perdagangan, Tjahya Widayanti menyatakan bahwa jajarannya tengah mengkaji kewajiban e-commerce untuk menjual 80% produk lokal dalam marketplace.

(Baca juga:  Pengusaha e-Commerce Minta Penjual di Media Sosial Ikut Kena Pajak)

Halaman:
Reporter: Michael Reily, Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...