Sinar Mas Jajaki Proyek MRT Hingga Cisauk, Tangerang

Penulis: Ameidyo Daud

Editor: Safrezi Fitra

Selasa 13/2/2018, 18.50 WIB

"Memang sedang dalam pembicaraan dan kami jajaki, tapi kami tidak bisa berbicara lagi (lebih panjang)," kata Ishak

MRT Jakarta
Arief Kamaludin|Katadata
Pekerja melakukan aktifitas pembangunan proyek Pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) di kawasan bundaran HI, Jakarta, Rabu, (14/12).

PT Sinar  Mas Land menyatakan berminat untuk menggarap proyek Mass Rapid Transit (MRT). Saat ini Grup Sinar Mas tersebut sedang menjajaki kemungkinan masuk ke proyek MRT yang rencananya akan diperpanjang hingga stasiun Cisauk di Kabupaten Tangerang.

CEO Strategic Development & Service Sinar Mas Land Ishak Chandra mengatakan proses pembicaraan dengan PT MRT masih panjang. Karena itulah, pihaknya belum bisa menjelaskan lebih jauh mengenai rencana ini. "Memang sedang dalam pembicaraan dan kami jajaki, tapi kami tidak bisa berbicara (lebih jauh) lagi," kata dia saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (13/2).

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Pada kesempatan yang sama, Direktur PT Bumi Serpong Damai Tbk. (BSD) Hermawan Wijaya mengaku tertarik dengan konsep pengembangan properti di kawasan MRT ini. Namun, konsep ini masih jauh lantaran MRT sendiri baru akan membangun sejumlah rute selama beberapa tahun ke depan.

Tahap pertama rencananya akan beroperasi tahun 2019. Sedangkan pengembangan Utara hingga Selatan baru akan rampung seluruhnya tahun depan. Setelah itu baru rute Barat ke Timur yang akan dibangun terlebih dahulu. "Jadi coba ditanyakan ke Pak William (Dirut MRT) saja," kata Hermawan.

(Baca: Pemerintah Beri Persyaratan Bila Jepang Bangun MRT Timur-Barat Jakarta)

Beberapa waktu lalu William mengatakan MRT Jakarta saat ini sedang berbicara dengan sejumlah investor untuk memperpanjang rute MRT dari Jakarta hingga ke Rawa Buntu. Salah satu investor yang dianggap mampu diajak bekerja sama adalah Sinar Mas Land, yang ingin memperpanjang hingga Cisauk.

Namun William mengakui hingga saat ini belum mendapat restu Pemerintah Daerah (Pemda) setempat, yakni Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten dan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel). Sebenarnya Pemkot Tangsel sudah menyatakan keinginannya memperpanjang rute MRT ini hingga Rawa Buntu, tapi tidak sampai Cisauk.

Dalam hal ini dirinya menunggu penugasan dari Pemprov Banten. "Karena berdasarkan itu kami baru dapat bergerak," ujarnya akhir Januari lalu. 

(Baca: Bos Lippo Ikut Rapat di Kantor Luhut Bahas KEK Bekasi-Purwakarta)