Jokowi Calonkan Perry Jadi Gubernur BI karena Paling Senior

Rizky Alika
27 Februari 2018, 17:13
jokowi
Arief Kamaludin | KATADATA

Presiden Joko Widodo mengkonfirmasi soal pencalonan Perry Warjiyo sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI). Perry merupakan satu-satunya calon yang diajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

“Sudah saya kirimkan hanya satu nama Pak Perry Warjiyo,” kata Jokowi di Cikarang, Bekasi, Selasa (27/2). Sebelumnya, Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi menyebut ada empat calon potensial yang direkomendasikan ke Jokowi, salah satunya memang Perry.

Jokowi mengaku mempertimbangkan berbagai faktor sampai akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Perry. Faktor yang dimaksud dari mulai pengalaman, rekam jejak, prestasi, hingga penguasaan.

“Saya kira beliau adalah Deputi yang paling senior. Sudah ngerti lah perjalanan mengenai moneter, inflasi, kebijakan-kebijakan di Bank Indonesia, bank sentral kita. Saya kira penguasaan Pak Perry Warjiyo tidak perlu diragukan,” kata dia.

Pencalonan Perry ditanggapi positif Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Senada dengan Jokowi, ia menyebut Perry sebagai sosok yang berpengalaman lantaran merupakan pejabat karier di BI dan telah menjabat Deputi Gubernur selama lima tahun. Selain itu, ia pernah menjadi Direktur Eksekutif International Monetary Fund (IMF).

"Artinya dari pengalaman yang beliau miliki, beliau sudah memiliki banyak sekali pengalaman dan kesempatan untuk bisa menyiapkan peranan dari gubernur bank indonesia yang dibutuhkan," kata dia di Jakarta, Selasa (27/2). (Baca juga: Ini Profil Perry Warjiyo, Calon Tunggal Gubernur BI Pilihan Jokowi

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...