Aturan Ganjil-Genap Akan Kurangi 40% Kemacetan Tol Jakarta-Cikampek

Ameidyo Daud Nasution
5 Maret 2018, 15:06
To Jakarta-Cikampek
ANTARA FOTO | Risky Andrianto
Pengerjaan infrastruktur di jalan Tol Jakarta-Cikampek

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengunjungi pintu tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur, pagi tadi. Mereka meninjau pelaksanaan sosialisasi terkait pemberlakuan tiga kebijakan di tol Jakarta-Cikampek.

Tiga kebijakan tersebut adalah pemberlakuan plat nomor ganjil genap di tol Jakarta-Cikampek ruas Bekasi Timur dan Barat menuju Jakarta. Kemudian lajur khusus bus yang disiapkan mengangkut penumpang dan pemberlakuan jam operasional angkutan barang untuk golongan kendaraan III, IV, dan V.

Keduanya menggelar rapat tertutup terlebih dahulu di Mega City, Bekasi lalu dilanjutkan dengan peninjauan bus dan pemantauan dan Gerbang Tol Bekasi Barat I. Budi Karya menargetkan kebijakan yang akan berlaku tanggal 12 Maret mendatang dapat mengurangi kemacetan hingga 40 persen di ruas tol Cikampek.

"Jadi signifikan sekali dan kami harap 30 sampai 40 persen kemacetan berkurang," kata dia di Gerbang Tol Bekasi Barat I, Bekasi, Senin (5/3). (Baca: BPTJ Terapkan Sistem Ganjil-Genap di Gerbang Tol Bekasi Barat & Timur)

Untuk mengakomodasi perpindahan moda transportasi pengendara mobil pribadi ke angkutan umum, Kementerian Perhubungan akan menyiapkan Trans Jabodetabek yang melewati lajur khusus. Bus ini akan memiliki tarif 20 ribu dengan klasifikasi premium.

Adapun jadwal keberangkatan dari Bekasi Barat dimulai pukul 05.20 WIB, dari Summarecon Bekasi  pukul 05.40 WIB, dan dari Mega City hingga 09.10 WIB, dengan jarak waktu per keberangkatan 10 menit. Untuk Bekasi Timur dimulai 05.30 WIB dari Bekasi Trade Center (BTC) dan LRT City / Grand Dhika pada 05.40 WIB dengan jarak per keberangkatan 10 menit hingga pukul 09.00 WIB.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...