Terapkan Sistem Ganjil Genap, Pemerintah Sediakan Bus Transjabotabek

Image title
23 Februari 2018, 10:39
Antre Gerbang Tol
ANTARA FOTO/Andika Wahyu

Pemerintah akan mulai memberlakukan sistem pelat nomor ganjil-genap di Gerbang Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur mulai 12 Maret 2018. Dengan penerapan sistem ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menyiapkan transportasi alternatif, yakni Bus Transjabodetabek Premium.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabotabek (BPJT) Bambang Prihartono mengatakan kebijakan ini bertujuan merangsang masyarakat menggunakan transportasi massal dan mengurangi kepadatan di tol Jakarta-Cikampek. Makanya perlu disediakan transportasi masal yang nyaman agar masyarakat mau menggunakannya.

"Image yang akan kami bangun dan atur, supaya orang berpindah ke angkutan masal," ujar Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono saat bertemu di kantor Kemenhub, Kamis (22/2). (Baca: BPTJ Terapkan Sistem Ganjil-Genap di Gerbang Tol Bekasi Barat & Timur)

Kemenhub menyediakan 60 armada Transjabodetabek Premium dengan rute Bekasi Barat- Plaza Senayan. Pemberangkatan bus ini, rencananya disediakan di sekitar gerbang tol tersebut. Bus yang berangkat setiap 30 menit sekali, dengan tarifnya sebesar Rp 20 ribu per perjalanan.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan BPTJ Karlo Manik menambahkan Kemenhub juga telah menyiapkan kantong-kantong parkir di empat lokasi, yaitu Mega Mall Bekasi, Mall Metropolitan Bekasi, Bekasi Cyber Park, dan Stadion Patriot Bekasi. Fasilitas ini bisa digunakan oleh pengendara mobil yang ingin menggunakan Trans Jabodetabek.

"Untuk yang di Mega Mall Bekasi, tarif (parkirnya)-ny;a flat sebesar Rp 10 ribu dengan memberikan bukti tiket angkutan bus Transjabodetabek," ujar Karlo Manik di kesempatan yang sama.

BPJT mencatat gerbang tol Bekasi Barat dilalui 4.400 kendaraan dalam rentang waktu pukul 06.00-09.00 WIB, setiap harinya. Kebijakan sistem ganjil-genap diharapkan bisa mengurangi separuh kendaraan tersebut menjadi 2.200 kendaraan setiap harinya. Karlo meyakini empat lokasi kantong parkir yang disediakan sudah cukup untuk menampung kendaraan-kendaraan tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...