Cek Status Registrasi Nomor Prabayar Agar Tak Disalahgunakan

Pingit Aria
7 Maret 2018, 18:20
Internet desa
Donang Wahyu|KATADATA

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjamin keamanan data identitas kependudukan yang digunakan untuk mendaftarkan nomor telepon. Hanya, masyarakat tetap harus berhati-hati terhadap penyalahgunaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan, tak ada kebocoran data dalam proses pendaftaran nomor telepon seluler, baik pada operator, maupun pemerintah. “Enggak ada data yang bocor, pelanggan pasca bayar juga enggak ada yang komplain,” kata Rudiantara di Jakarta, Rabu (7/3).

(Baca juga: Sanksi Berlaku, Masih Ada Nomor Tak Terdaftar yang Belum Diblokir)

Hanya, ia tak menutup kemungkinan adanya nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) yang disalahgunakan oleh oknum untuk mendaftarkan nomor kartu prabayarnya.

“Kemungkinan yang bocor adalah data NIK dan KK dari fotokopi yang beredar di internet dan disalahgunakan orang lain,” ujarnya.

Untuk itu, ia mengimbau masyarakat agar memeriksa status pendaftaran nomor prabayarnya melalui situs internet, maupun pesan singkat ke operator masing-masing. Jika ada yang menemukan nomor identitasnya digunakan oleh pihak lain, masyarakat dapat melaporkannya ke gerai operator untuk ditindaklanjuti.

(Baca juga: Telkomsel dan Indosat Beri Bonus Kuota bagi Pendaftar Kartu Prabayar)

Halaman:
Reporter: Hari Widowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...