Petronas Akan Cicil Pembayaran Utang ke KJG

Anggita Rezki Amelia
7 Maret 2018, 06:00
Petronas
Arief Kamaludin|KATADATA

Petroliam Nasional Berhad/Petronas menyatakan kesediaannya membayar utang kepada PT Kalimantan Jawa Gas/KJG -perusahaan yang 80% sahamnya dikuasai PGN-. Namun, pembayaran itu akan dilakukan secara bertahap alias dicicil.

Senior Manager Corporate Affairs & Administration Petronas Carigali Indonesia Andiono Setiawan mengatakan tahap pertama akan membayar utang tahun 2016. “Dalam proses,"kata dia kepada Katadata.co.id, Selasa (6/3).

Advertisement

Sayang Andiono tidak mau merinci jumlah utang yang harus dilunasi Petronas terhadap anak usaha PGN itu. Yang jelas pihaknya siap untuk membayar sisa utang tersebut.

Meski begitu, Direktur Infrastruktur Gas PGN Dilo Seno pernah mengatakan sejak tahun 2015 hingga 2017, Petronas belum membayar utang sebesar US$ 32,2miliar atau Rp 460 miliar. Utang ini diperoleh karena gas yang disalurkan lewat pipa PT Kalimantan Jawa Gas di bawah kuota yang disepakati.

Alhasil, Petronas pun menunggak utang terhadap KJG. Menurut data PGN, tahun 2015 gas yang disalurkan Petronas dari Lapangan Kepodang hanya 86,08 mmscfd. Dalam hal ini, Petronas harus membayar US$ 1,9 juta.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement