Saat Perbankan Berlomba Adopsi Teknologi

Desy Setyowati
8 Maret 2018, 18:40
Digital e-commerce
Arief Kamaludin | KATADATA

Perbankan berlomba-lomba mengadopsi teknologi canggih untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan nasabahnya. Sebab seiring perkembangan zaman, masyarakat menuntut kemudahan, kecepatan, dan pengalaman bertransaksi yang tidak biasa.

Bank Permata merilis beragam layanan berbasis teknologi untuk nasabah. Di antaranya adalah alat pemindai sidik jari, wajah, hingga suara untuk identifikasi nasabahnya.

"Kalau kami masih mau relevan dengan konsumen yang sudah digital, kami harus investasi di teknologi," kata Direktur Teknologi dan Operasi Bank Permata Abdy Salimin di Restoran Blue Jasmine, Jakarta, Kamis (8/3).

Ia menjelaskan, Finger ID adalah fitur pemindai sidik jari yang mempermudah nasabah Bank Permata untuk masuk ke aplikasi mobile banking hanya dengan sentuhan. Fitur itu juga dilengkapi dengan Facial ID, yang bisa mengidentifikasi wajah nasabah untuk bisa masuk ke aplikasi. Selain itu, Voice ID merupakan pemindai suara yang digunakan untuk mengidentifikasi suara nasabah saat mereka menghubungi call center.

(Baca juga: Teknologi Jadi Prioritas Transformasi Bisnis Perbankan)

Dari sisi instrumen investasi, Bank Permata juga meluncurkan fitur E-Bond yakni transaksi obligasi melalui internet banking. Fitur ini baru dirilis pada akhir tahun lalu.

Abdy menyatakan, Bank Permata akan merilis lebih banyak fitur berbasis teknologi di tahun ini. Menurutnya, layanan baru tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan nasabah, termasuk bagi difabel.

"Kalau kami investasi di teknologi, kami selalu lihat bagaimana kami bisa memperbaiki costumer experience," ujarnya tanpa menyebut nilai investasi yang digelontorkan.

Tak hanya Bank Permata, Development Bank of Singapore (DBS) juga fokus beralih ke digital dengan meluncurkan Digibank. Bank asal Singapura itu pun menggelontorkan investasi S$ 200 juta atau setara Rp 2,03 triliun untuk mengembangkan Digibank di India dan Indonesia. DBS menargetkan 3,5 juta nasabah terdaftar dalam layanan perbankan digital tersebut hingga 2022.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...