BNI Salurkan KUR bagi UMKM Kuliner Mitra Go-Food

Pingit Aria
13 Maret 2018, 14:55
Go-Pay dan BNI
Katadata
Penandatanganan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) antara BNI dan Go-Pay, Selasa (13/3).

Go-Pay, penyelenggara uang elektronik yang merupakan bagian dari ekosistem Go-Jek, hari ini mengumumkan kerja sama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI. Kolaborasi memungkinkan para pengusaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terutama di bidang kuliner yang menjadi mitra Go-Food untuk mengakses Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari BNI.

Chief Executive Officer GO-PAY, Aldi Haryopratomo menyatakan, ada tantangan dalam penyaluran KUR, baik dari sisi perbankan maupun UMKM. Perbankan memiliki tantangan dalam penentuan target sasar UMKM yang lebih tepat, sementara di sisi UMKM ada tantangan terkait kemudahan akses kepada kredit murah.

Menurut Aldi, akar pemasalahannya adalah sejarah transaksi UMKM yang belum tercatat dengan baik. “Di sini, Go-Pay berusaha menawarkan solusi,” ujarnya dalam konferensi pers di Pasaraya Blok M, Jakarta, Selasa (13/3).

(Baca juga:  Gandeng Go-Jek, BRI Permudah Pembayaran Go-Pay)

Ia menjelaskan, Go-Pay akan memilah UMKM kuliner mana yang sejarah transaksinya layak untuk mendapat kredit. Selanjutnya, Go-Pay akan menawarkan kredit tersebut ke pengusaha yang bersangkutan. “Dengan persetujuan pengusaha UMKM, data transaksi di Go-Pay bisa menjadi rekomendasi dalam proses underwriting perbankan,” ujarnya.

Aldi melanjutkan, tahap pertama program ini menyasar merchant GO-FOOD yang ada di empat kota yaitu Semarang, Solo, Yogyakarta dan Malang. Para merchant tersebut akan mendapatkan penawaran untuk mengakses KUR mikro dari BNI, dengan plafon kredit maksimal  Rp 25 juta.

Sementara, Chief Commercial Expansion GO-JEK, Catherine Hindra Sutjahyo menyatakan bahwa saat ini Go-Food telah bekerja sama dengan lebih dari 125 ribu merchant, di mana 70% di antaranya UMKM.

Halaman:
Reporter: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...