Gandeng Doku, Danamon Luncurkan Dompet Digital D-Wallet

Desy Setyowati
13 Maret 2018, 19:53
Bank Danamon
Katadata
Stand produk keuangan Bank Danamon pada pameran Indonesia Fintech Festival and Conference 2016, Tangerang, Banten, Selasa, (30/08).

PT Bank Danamon Indonesia Tbk meluncurkan dompet digital bernama 'D-Wallet'. Untuk masuk ke bisnis jasa layanan pembayaran elektronik ini, Danamon menjalin kerja sama co-branding dengan PT. Nusa Satu Inti Artha, pemilik Doku.

Consumer Lending and E-Channel Head Bank Danamon Djamin Nainggolan menargetkan, jumlah pengguna D-Wallet bisa mencapai satu juta dalam lima tahun. "Tetapi kami berusaha (capai target) lebih cepat dari itu," kata dia saat acara peluncuran D-Wallet di kantornya, Jakarta, Selasa (13/3).

Melalui D-Wallet, instansinya membidik calon pengguna yang belum terakses perbankan (unbanked). Data yang ia miliki menunjukkan, hanya 36% penduduk Indonesia yang memiliki rekening perbankan saat ini.

D-Wallet pun menawarkan layanan isi ulang (top up) tunai di Alfamart, Alfamidi, Lawson dan Dan+Dan. Bagi yang memiliki rekening, top up bisa dilakukan melalui Bank Danamon dan dikenai biaya untuk bank lainnya.

Dalam jangka menengah-panjang, pengguna D-Wallet diharapkan menjadi nasabah Bank Danamon. "Dengan banyaknya benefit yang ditawarkan, seharusnya bisa lebih banyak lagi menggarap nasabah baru," kata dia. Adapun, benefit yang ditawarkan yakni voucher kuliner, produk investasi, dan belanja online di e-commerce yang sudah bekerja sama dengan Doku.

(Baca juga: Temasek Resmi Jual Danamon ke Bank Jepang, Harganya 39% di Atas Pasar)

D-Wallet ini pun menyediakan fitur tarik tunai (cash out) melalui mitra minimarket dan layanan transfer dana ke pengguna lainnya. Itu sebabnya, ada proses Know Your Costumer secara elektronik (e-KYC) menggunakan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) dan swafoto. Bahkan, rencananya e-KYC bakal diadopsi untuk membuka rekening di Bank Danamon. "Masih dalam proses permintaan izin ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK)," ujar Djamin.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...