Kemendag Perpanjang Izin Impor Beras Bulog dari India

Image title
Oleh Ekarina
14 Maret 2018, 13:57
Beras bulog
ANTARA FOTO/Rahmad
Tumpukan beras di Gudang Bulog di Lhokseumawe, Aceh, 31 Januari 2018.

Kementerian Perdagangan akan memperpanjang waktu pengiriman 20 ribu ton beras impor Bulog hingga akhir bulan ini. Langkah itu dilakukan sebagai upaya memenuhi kuota impor beras Bulog melalui sistem tender yang ditargetkan mencapai 281 ribu ton beras.

“Revisi waktu menjadi 31 Maret 2018,” Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan di Hotel Fairmont Jakarta, Rabu (14/3).

Perpanjang waktu itu pada diberikan setelah Bulog mengajukan permohonan kelonggaran periode impor. Karena sebelumnya, Bulog sempat kesulitan mendatangkan 20 ribu ton beras impor dari India karena terbentur batas waktu izin impor serta kesanggupan eksportir. Alhasil, hingga deadline per 28 Februari 2018, Bulog hanya berhasil mendatangkan 261 ribu ton beras dari target impor yang telah diteken sebesar 281 ribu ton.

(Baca : 261 Ribu Ton Beras Impor Siap Penuhi Gudang Bulog)

Oke menuturkan, surat persetujuan impor untuk perpanjangan waktu 20 ribu ton dari India sudah dikeluarkan pada 12 Maret 2018 lewat situs Inatrade Kementerian Perdagangan.

Selain itu, Oke juga mengaku pihaknya tengah memproses waktu perizinan untuk sisa kuota imporsebanyak 219 ribu ton beras. Rencananya, sisa impor bakal didatangkan dari Pakistan dan India dengan batas waktu hingga Juni 2018. “Keputusan impor 500 ribu ton itu berdasarkan Rapat Koordinasi Terbatas,” tuturnya.

Direktur Pengadaan Bulog Andrianto Wahyu Adi higga saat ini jumlah beras impor yang sudah masuk ke gudang Bulog sebesar 188.434 ton dari total rencana impor sebanyak 261 ribu ton.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...