Prabowo Cari Wakil Sebelum Deklarasi Calon Presiden 2019

Dimas Jarot Bayu
14 Maret 2018, 10:41
Sudirman Said
ANTARA FOTO/Reno Esnir
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kiri), Bakal Calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said (kedua kanan) dan Waketum Partai Gerindra Ferry Juliantono.

Sebanyak 34 Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Gerindra telah memutuskan ketua umumnya, Prabowo Subianto, maju sebagai calon presiden dalam pemilihan 2019. Namun, deklarasi mantan Panglima Kostrad ini sebagai calon orang nomor satu di Indonesia belum diputuskan hingga kini.

Menurut pejabat Gerindra, Prabowo masih membutuhkan waktu untuk menentukan calon wakil presiden yang akan mendampinginya. “Kami diskusi dahulu siapa cawapres yang pas untuk Pak Prabowo,” kata Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Andre Rosiade ketika dihubungi Katadata, Selasa (13/3).

Advertisement

Dalam penjaringan cawapres, Gerindra hendak membahasnya dengan partai yang bersedia menjadi koalisi. Dari pembicaraan awal, menurut Andre, partainya telah menginventarisasi sejumlah sosok calon pendamping Prabowo. (Baca juga: Cemooh Drama Jokowi-SBY, Gerindra Upaya Dekati AHY).

Mereka di antaranya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Pemenangan Pilkada dan Pilpres Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Selain itu, Gerindra juga mempertimbangkan sembilan nama cawapres yang diusung Partai Keadilan Sejahtera. “Semua akan didiskusikan setelah kami duduk bareng teman koalisi,” kata Andre. (Baca pula: Gerindra Rangkul Calon Poros Ketiga untuk Dukung Prabowo).

Deklarasi Prabowo sebagai calon presiden juga masih menunggu jadwal pertemuan seluruh DPD Gerindra. Sebab, saat ini partai sedang berfokus pada tahapan pemilihan kelapa daerah (Pilkada) dan pemilihan legislatif (Pileg).

Karenanya, deklarasi Prabowo sebagai capres tidak akan dilaksanakan pada Maret ini. “Nanti kami lihat. Segera nanti kami umumkan,” kata Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria. (Lihat juga: Wacana Poros Ketiga di Pilpres 2019 Jadi Ancaman Buat Prabowo).

Dia memastikan partainya solid mengusung Prabowo sebagai capres. Bahkan Gerindra optimistis Prabowo dapat memenangkan Pilpres 2019. Dengan menjadi presiden, Gerindra menjanjikan Prabowo akan membawa perubahan yang lebih baik bagi Indonesia.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement