Adopsi Teknologi, Danapac Akuisisi Digital Tunai Kita

Hari Widowati
15 Maret 2018, 10:57
Pameran fintech
Katadata
Suasana di sebuah Pameran Fintech di Jakarta.

Perusahaan pembiayaan (multifinance) PT Danasupra Erapacific Tbk (Danapac) tengah memproses akuisisi PT Digital Tunai Kita (DTK). DTK yang merupakan perusahaan teknologi keuangan di bidang peer to peer (P2P) lending memiliki teknologi lending robot yang dapat meningkatkan manajemen risiko Danapac dalam penyaluran pembiayaan.

Presiden Direktur Danapac Odang Muchtar mengatakan, perusahaan telah menandatangani Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat (PJBSB) untuk membeli saham DTK dari PT Kresna Usaha Kreatif (KUK) dan PT JAS Kapital pada 6 Maret 2018. KUK adalah anak usaha PT Kresna Graha Investama Tbk, perusahaan yang terafiliasi dengan Danapac.

"Saat ini, proses kajian menyeluruh (due diligence) atas kesepakatan jual beli saham DTK masih berjalan," kata Odang dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Kamis (15/3). Danapac akan memutuskan struktur transaksi investasi, termasuk jumlah saham yang akan dibeli dan nilai nominal transaksi pembelian setelah kajian menyeluruh dan kewajiban legal terpenuhi.

(Baca: Akuisisi Tiga Fintech, GoJek Gencar Rambah Bisnis Pembayaran)

DTK yang terdaftar di OJK sejak 24 Agustus 2017 ini menggunakan prinsip-prinsip finansial, teknologi mobile, big data, dan machine learning untuk mengevaluasi kredit dan menyetujui pinjaman dengan cepat. DTK bekerja sama dengan perusahaan multifinance dan perbankan untuk mempermudah akses konsumen mendapatkan kredit tanpa agunan maupun pembiayaan untuk pembelian barang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...