KEIN Minta Jokowi Jadikan Tambak Udang Dipasena Proyek Strategis

Ameidyo Daud Nasution
26 Maret 2018, 15:49
Tambak Udang
ANTARA FOTO/Aji Styawan
Petambak sedang memberi pakan udang vaname

Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) akan meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mempertimbangkan kawasan Bumi Dipasena sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN). Ini perlu dilakukan agar pembenahan sentra udang di Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung tersebut dapat dilakukan komprehensif.

"Ini program kami bersama agar menjadi PSN," kata anggota KEIN M. Najikh usai rapat revitalisasi tambak udang rakyat Bumi Dipasena di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin, (26/3). 

Najikh yang memimpin rapat tersebut mengatakan salah satu daerah yang berhasil dibangkitkan lagi dengan status strategis adalah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB). Dia menilai keberhasilan di NTB bisa ditularkan di wilayah Lampung, dengan membuatnya sebagai proyek stategis.

Oleh sebab itu dia meminta seluruh pemangku kebijakan menyuarakan status strategis ini di setiap kesempatan. "Karena semua tahu sebenarnya tambak udang Vaname terbesar di dunia dulunya di Dipasena," kata dia.

(Baca: Sebulan Berjalan, Asuransi Budidaya Udang Punya 2 Ribu Peserta)

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Gellwyn Yusuf mengatakan peningkatan kawasan ini menjadi strategis atau prioritas, membuat penanganannya tidak bisa berjalan setengah-setengah.

Karena itu Pemerintah Provinsi Lampung harus menyesuaikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah terlebih dahulu, agar Dipa Sena menjadi kawasan pengembangan pangan khusus. "Kalau tidak pengembangannya akan parsial saja," kata Gellwyn.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...