Marak Kecelakaan Kerja, 3 BUMN Konstruksi Masih Cetak Laba Besar

Image title
26 Maret 2018, 21:59
Konstruksi
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengapresiasi tiga perusahaan pelat merah sektor konstruksi yang sukses membukukan kinerja positif sepanjang tahun lalu. Ketiganya adalah PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Di tengah maraknya kecelakaan kerja yang kerap terjadi, kinerja keuangan BUMN karya tercatat sangat baik tahun lalu. Dalam laporan keuangan tercatat tiga BUMN karya ini sukses meraih pertumbuhan laba 18 persen hingga melebihi dua kali lipat laba tahun sebelumnya. Sementara pertumbuhan penjualannya sebesar 38 persen hingga 90 persen

Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan Kementerian BUMN Ahmad Bambang mengatakan hal ini merupakan upaya yang baik dari jajaran manajemen dan seluruh pekerja yang sudah mengembangkan perusahaan. "Sekaligus mewujudkan target pembangunan infrastruktur sebagai proyek strategis nasional," katanya seperti dalam keterangan resmi, Senin (26/03).

Dengan kinerja keuangan yang sangat baik ini, Ahmad Bambang mengingatkan pertumbuhan yang cepat dan tinggi harus diimbangi dengan kesiapan organisasi dan sistem pendukungnya. Kedua hal itu berujung pada kesiapan sumber daya manusia (SDM).

(Baca: Direksi Hingga Kepala Proyek 3 BUMN Karya Akan Dicopot)

Penataan manajemen QHSE (quality, health, safety & environment) mutlak diperlukan agar dapat segera diproses dan menjadi budaya kerja korporat yang baik. Aspek kualitas hasil kerja, keselamatan kerja, aspek kesehatan, dan kelestarian lingkungan, juga harus dijadikan prioritas utama.

"Karena, keselarasan Profit, People, Planet inilah yang akan menjamin daya kebersinambungan (sustainability) perusahaan," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...