Tokopedia Luncurkan Fitur Investasi Emas

Pingit Aria
27 Maret 2018, 14:21
Tokopedia
Dok: Tokopedia

Tokopedia hari ini meluncurkan Tokopedia Emas, fitur ini memungkinkan pengguna untuk membeli dan menabung emas digital dalam jumlah (gram) kecil. Jika umumnya masyarakat harus membeli emas batangan dengan jumlah terkecil 0,5 atau 1 gram, lewat Tokopedia Emas mereka bisa membeli mulai dari Rp 500.

Emas masih menjadi salah satu instrumen investasi yang paling diminati masyarakat Indonesia, terutama karena harga yang terbilang stabil dan cenderung naik setiap tahunnya. Tingkat likuiditas emas juga tergolong tinggi, sehingga mudah untuk diuangkan.

Melissa Siska Juminto, Managing Director Tokopedia menyatakan, tidak mudah bagi semua orang untuk dapat langsung membeli emas batangan dalam jumlah besar. "Di Tokopedia Emas, pembelian emas dapat dimulai dari Rp 500, sehingga diharapkan dapat mendorong keinginan pengguna untuk berinvestasi," ujarnya melalui siaran pers, Selasa (27/3).

Di Tokopedia Emas, pengguna bebas bertransaksi kapan saja. Pengguna juga dapat memantau perkembangan harga beli dan jual secara real time mengikuti harga acuan emas global. Setelah mempunyai saldo emas digital yang cukup, pengguna juga dapat menjual emasnya kembali melalui platform Tokopedia Emas.

(Baca: Pastikan Penjual Lokal, Tokopedia Akui Sulit Kontrol Produk Impor)

Dalam waktu dekat, tabungan emas tersebut juga dapat dicairkan secara fisik (redeem) ketika sudah mencapai 1 gram, untuk kemudian dikirimkan ke alamat pengiriman pengguna. Saat ini Tokopedia menyediakan empat pilihan kurir pengiriman, yaitu JNE, RPX, dan kurir pribadi ORORI.

Tokopedia Emas sendiri didukung oleh e-mas, platform transaksi jual-beli emas dari ORORI, yang fokus pada penjualan perhiasan dan emas online sejak tahun 2004.

George B Sumantri, Founder ORORI dan e-mas menyatakan, "Melalui kerja sama dengan Tokopedia, kami ingin membantu lebih banyak lagi masyarakat agar dapat mengakses investasi emas yang lebih ringan, mudah dan aman secara online,” ujarnya.

Keaslian emas yang dibeli lewat Tokopedia juga terjamin, karena secara resmi dikeluarkan oleh PT Aneka Tambang (ANTAM) dan terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan memiliki standar Produk yang diakui oleh LMBA (London Bullion Market Association).

Reporter: Hari Widowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...