Gandeng Pengusaha, Darmin Ingin Sektor Pangan Menarik Bagi Anak Muda

Michael Reily
28 Maret 2018, 09:55
Petani
ANTARA FOTO/Rahmad
Petani memanen butiran padi (gabah) di Desa Kandang, Lhokseumawe, Aceh, Kamis (23/3).

Upaya perwujudan ketahanan pangan di sektor pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan hingga saat ini masih menghadapi sejumlah tantangan. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mendorong sinergi antara pemerintah dengan pengusaha dan sejumlah kalangan untuk mengatasi masalah pangan dan menjadikannya menarik bagi anak muda.

Darmin mengatakan saat ini  masih banyak masalah dalam sektor pangan belum bisa diselesaikan pemerintah. Salah satunya mengenai populasi penduduk yang terus meningkat. Menurutnya, populasi masyarakat Indonesia pada 2045 diperkirakan mencapai 320 juta penduduk.  Akses makanan yang berkualitas pun dibutuhkan karena demografi masyarakat didominasi oleh golongan masyarakat usia  produktif.

(Baca : Skema Kemitraan, Solusi Mendorong Produktivitas Pangan)

Karenanya, agar  terjadi peningkatan produktivitas dan efisiensi, semua aspek harus terlibat. “Kerja sama akan membuat masalah pangan menarik bagi anak muda,” kata Darmin ketika memberikan sambutan Responsible Business Forum on Food and Agriculture 2018 di Hotel Pullman Jakarta, Selasa (26/8).

Peningkatan data panen dan pengembangan rantai pasok bisa menjadi  jawaban. Sehingga, masyarakat nantimya  mau bekerja membentuk usaha di sektor pangan.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...