GMF Berencana Kembangkan Fasilitas Perawatan Pesawat di Papua

Ameidyo Daud Nasution
4 April 2018, 13:47
Pabrik Pesawat PT DI N219
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

PT Garuda Maintenance Facility (GMF) Aero Asia Tbk berencana mengembangkan fasilitas Maintenance, Repair, and Overhaul (MRO) atau perawatan dan perbaikan pesawat di Papua. Peluangnya cukup besar mengingat banyaknya pesawat yang beroperasi di wilayah tersebut, sementara fasilitas perawatan masih mengandalkan hanggar di pulau Jawa.

Direktur Utama GMF Iwan Joeniarto mengungkapkan hal tersebut usai menghadap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, membahas pengembangan industri MRO. Namun, dia masih belum bisa memaparkan spesifik rencana tersebut. 

Advertisement

"Tapi (nilai) investasi belum bisa saya bicarakan karena masih pembicaraan awal," kata dia di Gedung Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Rabu (4/4). 

Rencana ini masih dikaji oleh GMF, terkait besaran investasi, pendanaan, manajemen dan persiapan lainnya. Targetnya kajian ini bisa selesai pada semester II tahun ini. Apalagi, di wilayah Papua masih ada fasilitas hanggar milik Merpati Nusantara Airways yang bisa diutilisasi kembali.

Saat ini anak usaha Garuda Indonesia tersebut masih fokus pada pengembangan MRO di wilayah Indonesia Barat. Salah satu yang siap direalisasikan pembangunannya adalah fasilitas perawatan di Bandara Hang Nadim Batam, Provinsi Kepulauan Riau yang akan dimulai tahun 2018 ini.

(Baca: Pemerintah Dorong Investasi Perawatan Pesawat ke Indonesia Timur)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement