Percepat Proyek, Waskita Toll Raup Rp 5 Triliun dari Reksadana

Ameidyo Daud Nasution
10 April 2018, 20:23
Tol Salatiga-Kartasura
Kementerian PUPR
Pembangunan jalan tol Salatiga-Kartasura

PT Waskita Toll Road (WTR) hari ini resmi mendapatkan Rp 5 triliun dari penerbitan reksa dana penyertaan terbatas (RDPT) Ekuitas Danareksa Infrastruktur Trans Jawa. RDPT ini diterbitkan PT Danareksa Investment Management (DIM) sebagai manajer investasi. Sedangkan PT Bank Mega Tbk menjadi bank kustodian sementara Danareksa Sekuritas bertindak sebagai penjamin emisi.

Direktur Utama Waskita Toll Herwidiakto mengatakan tiga ruas tol yang dikelola anak usaha PT Waskita Karya Tbk ini menjadi underlying asset dari RDPT. Tiga tol tersebut yaitu ruas Kanci - Pejagan, Pejagan - Pemalang, serta Pasuruan - Probolinggo yang memiliki total panjang 123,8 kilometer.

Pembiayaan tersebut menjadi alternatif pendanaan yang tidak membutuhkan waktu terlalu daripada menjual tol tersebut seperti ke PT Jasa Marga. “Jadi RDPT skema alternatif yang relatif lebih cepat,” kata Herwidiakto di Jakarta, Selasa (10/4). (Baca: Waskita Rampungkan Divestasi 3 Tol Trans Jawa Pekan Depan).

Menurut Herwidiakto, dana Rp 5 triliun tadi akan digunakan untuk menyelesaikan ruas tol Trans Jawa agar berfungsi pada mudik lebaran tahun ini. Beberapa tol tersebut antara lain Batang - Semarang, konstruksi tol Solo - Ngawi, lalu Ngawi - Kertosono. Selain itu, ada pula tol Pasuruan - Probolinggo seksi I dan II yang akan diselesaikan pada 2018. Hal ini sesuai target Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Secara keseluruhan, skema yang digunakan yakni pengalihan 57,1 persen saham lama Waskita Transjawa Toll Road (anak usaha WTR) kepada RDPT dengan nilai Rp 2,8 triliun. Setelahnya, WTTR akan menerbitkan saham baru 30 persen kepada RDPT senilai Rp 2,1 triliun. Oleh sebab itu, setelah proses selesai, saham WTR di tiga ruas tol berkurang dari 99 persen menjadi 30 persen. Di lain pihak RDPT akan menguasai 70 persen saham.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...