Programmer sebagai Alternatif Profesi bagi Penyandang Disabilitas

Pingit Aria
10 April 2018, 13:00
Bekraf
Bekraf
Peresmian program Coding Mum Disabilitas oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) di Jakarta, 14 Februari 2018.

Kekurangan talenta masih kerap disebut sebagai hambatan penting bagi pengembangan ekonomi digital di Indonesia. Padahal, banyak potensi sumber daya manusia yang bisa dididik sebagai tenaga ahli di bidang digital, termasuk sebagai pemrogram.

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bekerja sama dengan PT Kolaborasi Ide Keatif menyelenggarakan program pendidikan untuk menghasilkan programmer sebagai alternatif profesi bagi para penyandang disabilitas. Program ini diberi nama Coding Mum Disabilitas, sebagai pengembangan dari Coding Mum yang telah dilaksanakan sejak 2016 dengan sasaran ibu rumah tangga dan buruh migran.  

Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf mengatakan, Coding Mum Disabilitas merupakan program yang dirancang untuk menjawab tantangan alert coder atau kekurangan tenaga pemrogram di Indonesia. Program ini telah dilaksanakan di Jakarta dan Bandung.

“Bandung merupakan kota kedua kegiatan ini setelah Jakarta, dan akan dilanjutkan di Surabaya,” katanya, Senin (10/4) kemarin.

Triawan menambahkan, para penyandang disabilitas dinilai cocok untuk dilatih sebagai programmer karena pekerjaan ini relatif tidak membutuhkan mobilitas fisik yang tinggi. Pemrograman justru membutuhkan ketekunan untuk berkonsentrasi penuh dengan aktifitas fisik yang minim.

(Baca juga: Skala Bisnis Startup Lokal Naik Signifikan dalam 5 Tahun)

Materi pelatihan Coding Mum Difable  diberikan oleh pengajar dari beberapa institusi pendidikan seperti Clevio, Dilo Mikti dan ProCode CG. Pelatihan ini akan memberikan pengetahuan dan keahlian dalam mendesain serta teknik produksi yang menggunakan HTML dan Javascript.

Halaman:
Reporter: Metta Dharmasaputra
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...