Pemerintah Akan Perluas Rencana Kawasan Ekonomi Khusus Pendidikan

Image title
11 April 2018, 09:44
Duta Bahasa Pelajar
ANTARA FOTO/Agus Bebeng

Pemerintah akan memperluas rencana pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pendidikan. Tidak hanya di Tangerang, Banten, pembangunan KEK ini juga akan diperluas ke daerah-daerah lain yang potensial.

"Nanti, tidak hanya Tangerang. Kalau misalnya Tangerang saja, tidak cukup. Kan Jakarta besar atau mungkin di Surabaya," kata Menteri Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Risetdikti) Mohamad Nasir di kantornya, Jakarta, Selasa (10/4).

Saat ini pemerintah masih membahas dan mengkaji rencana pembangunan KEK ini. Nasir menyatakan pihaknya telah meminta Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian untuk menerbitkan aturan mengenai KEK, khususnya yang terkait dengan pendidikan.

(Baca: Pemerintah Rancang KEK Pendidikan untuk Universitas Asing di Tangerang)

Kemenristekdikti juga masih terus menjajaki dan menawarkan konsep ini kepada beberapa universitas luar negeri untuk dapat masuk ke Indonesia. Nasir memastikan hanya 200 besar universitas dunia yang bisa masuk ke KEK Pendidikan.

Awal pekan ini Nasir sudah bertemu dengan Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT) University of Australia. Saat ditawari konsep KEK Pendidikan yang akan dibangun pemerintah, kata dia, RMIT menyatakan sangat tertarik untuk berinvestasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...