Pemerintah Rancang KEK Pendidikan untuk Universitas Asing di Tangerang

Ameidyo Daud Nasution
21 Februari 2018, 20:14
Jokowi di UI
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) bersama Menristekdikti M. Nasir (kiri) dan Rektor UI Muhammad Anis (kedua kanan) meresmikan Forum Kebangsaan UI di sela sidang terbuka Dies Natalis UI ke-68 di Balairung Universitas Indonesia, Depok.

Pemerintah akan membentuk sebuah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang bergerak di sektor pendidikan di Tangerang, Provinsi Banten. Kawasan ekonomi ini nantinya akan secara khusus menarik universitas luar negeri agar dapat membuka cabang di Indonesia.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mengatakan dengan adanya perguruan tinggi asing di KEK seluas 30 hektare ini, diharapkan kualitas pendidikan Indonesia semakin membaik. "Nanti (ide ini) akan disampaikan kepada Presiden, agar kami diberi arahan," kata Nasir usai rapat mengenai KEK di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (21/2).

(Baca Databoks: Pemerintah Kembangkan 65 Kawasan Ekonomi)

Nasir menjelaskan konsepnya akan sama dengan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) yang sudah dijalankan oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di dalam negeri. Saat ini pihaknya sedang berbicara dengan sejumlah perguruan tinggi di beberapa negara. 

"Kami sedang penjajakan, dari Inggris ada Imperial College, London School of Economics, dan University of Cambridge. Dari Australia ada Monash University, University of Melbourne serta RMIT University," katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...