Alasan PAN Belum Tentukan Pilihan antara Prabowo dan Jokowi

Dimas Jarot Bayu
12 April 2018, 16:06
Partai Amanat Nasional
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (tengah) didampingi Sekjen PAN Eddy Soeparno (kiri) memberikan keterangan di DPP PAN, Jakarta, Jumat (30/12/2017).

Partai Amanat Nasional (PAN) hingga kini belum menentukan pilihan koalisi antara mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum Prabowo Subianto dalam pemilihan presiden 2019. PAN masih terus melobi berbagai kekuatan politik untuk mendapatkan tawaran yang terbaik dalam perhelatan kontestasi demokrasi tersebut.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyatakan, partainya masih terbuka dengan berbagai opsi dan terus menjaga komunikasi yang baik dengan semua partai. "Kami sedang bangun (penjajakan koalisi), yang mana saja nanti. Makanya saya datang ke PDIP, Gerindra, Golkar, PKB," kata Zulkifli di kantor DPP PAN, Jakarta, Kamis (12/4).

(Baca juga: Terima Mandat Jadi Capres, Prabowo Perintahkan Kader Gerindra Bergerak)

Belakangan PAN terlihat condong ke arah kubu Gerindra, namun hingga kini belum ada deklarasi resmi mendukung Prabowo. Dalam Rapat Koordinasi Nasional Partai Gerindra di Hambalang, Rabu kemarin, pimpinan elite PAN pun menunjukkan kedekatannya dengan Prabowo. Zulkifli dan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais sempat berkuda bersama Prabowo.

Zulkifli mengatakan PAN tidak akan tergesa-gesa menentukan pilihan dalam Pilpres 2019. Apalagi saat ini masih ada waktu sekitar empat bulan sebelum pendaftaran capres dan calon wakil presiden di Komisi Pemilihan Umum.

PAN akan membahas pilihannya di Pilpres 2019 dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada Mei 2018. Ada berbagai opsi yang berkembang di partai tersebut, yakni mengusung Zulkifli Hasan sebagai capres atau pun cawapres. Di samping itu, PAN juga memiliki opsi mendukung Jokowi, Prabowo atau Gatot Nurmantyo.

Halaman:
Editor: Yuliawati

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...