Kemenhub Akan Batasi Mobil Pribadi di Tol Cikampek Saat Puncak Mudik

Ameidyo Daud Nasution
13 April 2018, 16:43
Geliat Mudik
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Kendaraan pemudik memadati gerbang tol Cipali-Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (21/6).

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah mengkaji kebijakan pembatasan kendaraan pribadi di ruas tol Jakarta - Cikampek pada saat mudik lebaran tahun ini. Hal ini untuk memperlancar arus kendaraan yang melintasi tol tersebut.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiadi mengatakan saat ini pihaknya masih mengkaji model pembatasan yang paling tepat. Beberapa opsi yang dikaji antara lain dengan metode contra flow, ganjil genap, hingga menggunakan pola waktu perjalanan.

"Mudah-mudahan sebelum Mei sudah ada polanya," kata dia usai rapat koordinasi angkutan mudik di Jakarta, Jumat (13/4).

Pembatasan bagi mobil pribadi akan diberlakukan pada waktu tertentu seperti puncak arus mudik lebaran saja. Nantinya dengan kebijakan ini, mobil pribadi yang menuju Jakarta akan dialihkan lewat jalan arteri untuk memberi jalur bagi para pemudik, saat menjelang lebaran. Hal ini juga rencananya akan diberlakukan pada waktu tertentu saat arus balik.

(Baca: Kurangi Arus Mudik, Pemerintah Kaji Tambahan Libur Lebaran 2 Hari)

Selain pembatasan, Kemenhub akan menyediakan 1.135 armada bus gratis pada mudik kali ini. Jumlah armada lebih banyak dari tahun lalu yang hanya 900 bus. Budi menjelaskan tambahan bus mudik gratis ini dilakukan agar mengurangi kecelakaan yang kerap menimpa kendaraan pribadi seperti sepeda motor.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...