Jokowi Minta Proyek Infrastruktur Strategis Libatkan Swasta Daerah

Ameidyo Daud Nasution
16 April 2018, 16:19
Jokowi
ANTARA FOTO/Rosa Panggabean
Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) melibatkan pihak swasta, terutama yang berada di daerah. Terutama proyek-proyek yang bisa menarik investor swasta untuk masuk. Ini perlu dilakukan untuk memacu perekonomian daerah lokasi proyek tersebut. 

Jokowi mengingatkan agar pelaksanaan proyek ini tidak semuanya dilakukan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serta anak-anaknya. Selain itu Jokowi ingin agar pembiayaan PSN tidak hanya mengandalkan anggaran pemerintah. Oleh sebab itu dirinya meminta para investor terlibat dengan skema-skema pembiayaan yang kreatif.

"Libatkan sektor swasta di daerah proyek yang dikerjakan," kata Jokowi saat rapat terbatas soal PSN di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (16/4). (Baca: Bertemu Jokowi, Pengusaha Muda Mengeluh Tak Dapat Proyek Infrastruktur)

Presiden mengingatkan dalam sidang kabinet pada 12 Februari lalu, dirinya telah memberikan arahan kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution melakukan evaluasi terhadap daftar proyek strategis nasional. Dia ingin melihat satu persatu pelaksanaan PSN sampai awal 2018.

Dalam rapat hari ini, Jokowi juga ingin mendapatkan informasi PSN mana yang bisa diselesaikan dan belum juga bisa dimulai. Untuk proyek yang belum rampung pekerjaannya, dia perintahkan untuk bisa diselesaikan pada tahun ini. Eksekusi proyek strategis ini juga harus betul-betul diperhatikan.

(Baca: Swasta Bisa Menggarap 13 Proyek Infrastruktur)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...