Rumah Murah untuk PNS, Polri & TNI: Tanpa DP dan Bisa Dicicil 30 Tahun

Ameidyo Daud Nasution
17 April 2018, 19:43
Perumahan
ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan
Pekerja menyelesaikan pembangunan rumah.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyiapkan program rumah murah murah bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS), Tentara Nasional Indonesia (TNI), serta Polri. Program rumah murah ini tanpa uang muka (down payment), berbunga lebih rendah dari bunga komersil dan memiliki jangka waktu pembayaran cicilan yang panjang.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan saat ini pemerintah sedang menyiapkan skema pembiayaan yang dibahas bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan perbankan.

"Akan didukung PT. Taspen (Persero) dan PT. Asabri agar bisa down payment nol persen dan bunga yang rendah," kata Bambang di kantornya, Jakarta, Selasa (17/4).

Bambang memperkirakan kredit multi guna untuk program rumah murah ini akan memiliki masa cicilan hingga 30 tahun. "KPR biasanya cicilan selama 15 tahun, ini bisa 30 tahun dan melewati usia pensiun," kata Bambang.

(Baca juga: Jokowi Perintahkan Ada Pembiayaan Khusus Kredit Rumah bagi PNS)

Dia menjelaskan metode cicilannya nanti akan dipotong langsung dari pembayaran gaji tiap bulannya. Namun dia mengingatkan bahwa kredit ini bukan kewajiban, hanya sekedar opsi pembiayaan yang meringankan PNS, TNI, dan Polri yang belum memiliki rumah.

"Jadi kalau tidak butuh rumah maka tidak usah, tapi kalau mereka butuh dimungkinkan, dan metode cicilannya langsung potong dari gaji," kata Bambang.

Bambang mengatakan, setelah pembahasan skema pembiayaan rampung, maka akan segera diadakan sosialisasi. Dia mengatakan targetnya tahun ini PNS, TNI, dan Polri dapat memanfaatkan program rumah murah.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...