Modalku Raih Pendanaan Seri B Rp 350 Miliar dari Softbank

Desy Setyowati
18 April 2018, 19:11
Modalku
Desy Setyowati | KATADATA
(kiri ke kanan) Kepala Perizinan dan Pengawasan Fintech untuk Produk IKNB OJK Alvin Leonardo Ezra Taulu; Jefrey Joe Managing Partner Alpha JWC Ventures; Co-Founder and Chief Operating Officer (COO) Modalku Iwan Kurniawan; Co Founder dan CEO Modalku Reynol

Perusahaan financial technology (fintech) berbasis peer to peer (P2P) lending, Modalku memperoleh pendanaan Seri B sebesar US$ 25 juta atau hampir Rp 350 miliar. "Ini yang terbesar untuk P2P Lending di Asia Tenggara," ujar Chief Executive Officer (CEO) Modalku Reynold Wijaya di Jakarta, Rabu (18/4).

Ronde pendanaan itu diisi oleh SoftBank Ventures, Korea; Sequoia, India; Alpha JWC Ventures, Indonesia, dan Golden Gates Ventures. Selain itu, Line Ventures, Qualgro dan Mahanusa Capital juga turut berinvestasi putaran pendanaan ini.

Advertisement

Modalku yang sudah beroperasi di Indonesia, Singapura, dan Malaysia akan menggunakan dana tersebut untuk menambah varian produk dan mempercepat proses pinjaman.

Chief Operating Officer (COO) Modalku Iwan Kurniawan mengatakan, perusahannya memberikan pinjaman antara Rp 50 juta sampai Rp 2 miliar dengan tenor hingga 24 bulan. Proses pinjaman tersebut memakan waktu harian hingga mingguan.

Tahun ini, proses itu bakal dipercepat hingga menjadi hitungan jam untuk pinjaman senilai jutaan rupiah. Sedangkan pinjaman miliaran rupiah, prosesnya ditarget selesai dalam hitungan hari.  Percepatan proses assessment itu dilakukan dengan mengandalkan teknologi.

(Baca juga: Pemerintah Cermati Keamanan Data Nasabah Fintech dan E-Commerce)

Selain itu, Modalku berencana merilis pinjaman yang jatuh temponya bulanan. "Semester I-2018 ini keluar," ujar Iwan. Dengan begitu, baik debitor ataupun kreditor bisa memilih dari banyak varian produk. Saat ini, Modalku mempunyai 60 ribu kreditor terdaftar. Sedangkan debitornya sekitar 3 ribu di tiga negara.

Pendanaan seri B biasanya diperlukan untuk memaksimalkan ekspansi pasar, model bisnis, dan menyasar basis pengguna yang lebih luas. Nilai investasinya berkisar antara Rp 22 miliar hingga Rp 80 miliar. Perusahaan rintisan (start-up) yang mendapatkan pendanaan ini pun biasanya sudah menghasilkan keuntungan.

SoftBank Ventures Korea, sebagai pemimpin pendanaan Seri B bagi Modalku merupakan perusahaan modal venture yang merupakan bagian dari SoftBank Group. SoftBank Group dikenal dengan Vision Fund US$ 100 miliar, investor bagi penyedia kredit alternatif seperti SoFi dan Kabbage di Amerika Serikat (AS). Group ini juga menjadi investor dari Grab dan Tokopedia di Asia Tenggara.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement