Pengembang Keluhkan Dukungan Pemerintah dalam Program Sejuta Rumah

Image title
19 April 2018, 18:35
Perumahan
ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya

Pengembang rumah yang tergabung dalam Real Estate Indonesia (REI) dan Asosiasi Pengembang dan Pemukiman Seluruh Indonesia (Apersi) mengeluhkan sulitnya perizinan dalam merealisasikan Program Sejuta Rumah. Mereka juga meminta insentif untuk membangun rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Insentif dari affordable housing ini untuk konsumen. Sedangkan untuk sedangkan untuk produsen itu hanya PPH 1 persen," ujar Ketua DPP REI Soelaeman Soemawinata dalam diskusi Memperkuat Program Sejuta Rumah di Jakarta, Kamis (19/4).

Dia mengungkapkan salah satu kendala yang dihadapi pengembang adalah suku bunga perbankan negara yang cukup tinggi. Bunga yang diterapkan bank pelat merah untuk kredit konstruksi berkisar antara 12 persen hinga 13 persen. Padahal beberapa bank swasta sudah berani memberikan bunga kepada pengembang sebesar 9 persen untuk membangun rumah komersial di luar MBR.

Dia berharap pemerintah bisa mengintervensi bunga bank-bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) agar bisa lebih rendah atau setidaknya sama dengan bank swasta. Jika bunga diturunkan, maka produktivitas membangun rumah bisa lebih banyak, terutama untuk MBR.

"Kami tidak bicara subsidi. Tapi keberpihakan semua stakeholder, dari mulai perbankan (BUMN) dan pemerintah," katanya.

Ketua Umum DPP Apersi Junaidi juga mengeluhkan minimnya dukungan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk pengembang dalam program ini. Menurutnya, banyak Pemda yang masih mempersulit perizinan untuk membangun rumah MBR.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...