Ekspor Busana Muslim Ditargetkan Naik 10% di 2018

Image title
Oleh Ekarina
20 April 2018, 09:38
Mode memperagakan busana muslim di ajang Indonesia Fashion Week beberapa waktu lalu. Bisnis busana muslim sangat menjanjikan. Indonesia menargetkan bi
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Model tengah memperagakan busana muslim di ajang Indonesia Fashion Week beberapa waktu lalu. Bisnis busana muslim sangat menjanjikan. Indonesia menargetkan bisa menjadi kiblat busana muslim dunia pada 2020.

Busana muslim merupakan salah satu andalan komoditas industri fashion nasional. Tahun ini ekspor produk busana muslim ditargetkan meningkat 10% dan berkontribusi positif terhadap total ekspor produk fashion nasional.

Tahun lalu, ekspor produk fashion nasional tercatat sebesar US$ 13,29 miliar, naik 8,7% seiring dengan meningkatnya permintaan pasar dunia.

Industri busana muslim pun terus menggliat. Pertumbuhan industri dalam negeri merangkak naik seiring semakin luasnya pasar komoditas fashion muslim dan meningkatnya jumlah penduduk muslim di dunia.

“Sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar, Indonesia memiliki peluang yang sangat besar untuk menjadi kiblat fashion muslim dunia,” kata Menteri Perindustrian  Airlangga Hartato dalam keterangan tertulis, Kamis (19/4).

Indonesia  ditargetkan menjadi kiblat fashion muslim dunia pada 2020. Hal ini cukup beralasan karena saat ini Indonesia menempati peringkat lima besar dalam negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) sekaligus pengekspor produk  fashion muslim terbesar di dunia, setelah Bangladesh, Turki, Maroko, dan Pakistan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...