Ukraina Ekspor 370 Ribu Ton Biji-bijian Sepekan, Harga Gandum Melandai

Tia Dwitiani Komalasari
11 Agustus 2022, 15:44
Pekerja menata adonan roti sebelum dipanggang di salah satu usaha roti Dicky Bakery di Depok, Jawa Barat, Senin (11/7/2022). Pemilik roti mengaku beberapa pekan terakhir telah mengurangi jumlah produksi akibat permintaan menurun dan harga bahan baku tepun
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/YU
Pekerja menata adonan roti sebelum dipanggang di salah satu usaha roti Dicky Bakery di Depok, Jawa Barat, Senin (11/7/2022). Pemilik roti mengaku beberapa pekan terakhir telah mengurangi jumlah produksi akibat permintaan menurun dan harga bahan baku tepung terigu dan gandum meningkat di pasaran.

Ukraina mengekspor hampir 370.000 ton biji-bijian pada minggu pertama setelah perjanjian yang disepakati dengan Rusia dan ditengahi oleh Turki dan PBB. Perjanjian itu bertujuan untuk mengatasi kerawanan pangan global.

Dua belas kapal yang membawa lebih dari 370.000 metrik ton biji-bijian dan bahan makanan lainnya telah diizinkan meninggalkan pelabuhan Ukraina, ucap Koordinator sementara PBB di Pusat Koordinasi Gabungan (JCC), Frederick Kenney, kepada wartawan di New York.

"Kami telah melihat minat yang luar biasa dari pemilik kapal dalam hal kesediaan mereka untuk melakukan transit ini. Kami mengharapkan untuk melihat peningkatan besar,"ujarnya dikutip dari Anadolu, Kamis (11/8).

Ukraina diharapkan mulai melakukan ekspor gandum pekan depan.Beberapa kapal gandum kosong berada di perairan Turki menunggu untuk mengatur kontrak.

"Setelah kesepakatan diatur, mereka akan transit ke utara," kata Kenney.

Harga gandum melandai

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...