Sofyan Basir Tolak Dicalonkan Jadi Direktur Utama  Pertamina

Anggita Rezki Amelia
24 April 2018, 20:29
Direktur Utama PLN Sofyan Basir
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA

Sofyan Basir yang kini menjabat Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara/PLN (Persero) menolak jika dicalonkan menjadi Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Saat ini memang posisi Direktur Utama calon induk usaha (holding) itu masih kosong sejak Elia Massa Manik dicopot.

Namun, Sofyan mengatakan tidak mengetahui mengenai bursa nama-nama Direktur Pertamina. Dia juga meragukan ada yang mau mengangkat dirinya menjadi orang nomor satu di Pertamina.

Yang jelas, orang nomor satu di PLN ini tidak bersedia untuk dicalonkan menjadi Direktur Utama Pertamina. “Tidak. Lebih kuat listrik daripada Bahan Bakar Minyak (BBM),” kata Sofyan di Jakarta, Selasa (24/4).

Hingga kini juga belum ada tawaran dari siapa pun, termasuk pemerintah, yang datang untuk menjadikan dirinya sebagai Direktur Utama Pertamina. Sofyan pun menyerahkan posisi tersebut kepada orang lain.   

Sebagaimana diketahui pada Jumat (20/4) pekan lalu, Menteri BUMN Rini Soemarno resmi mencopot liam direksi Pertamina. Salah satunya direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik. Ini merupakan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) PT Pertamina (Persero) pada Jumat (20/4).

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...