PKS Desak Keputusan Cawapres di Ramadhan, Gerindra: Masih Seleksi

Dimas Jarot Bayu
1 Mei 2018, 08:09
Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto usai menghadiri acara Rapat Kerja Nasional Bidang Advokasi dan Hukum DPP Gerindra di Jakarta, Kamis (5/4/2018).

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memberikan tenggat kepada Gerindra untuk menyelesaikan seleksi calon wakil presiden (cawapres) sebelum Ramadhan. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono menyatakan Gerindra siap memenuhi tenggat waktu yang diberikan PKS.

Menurut Ferry, saat ini pihaknya tengah memproses seleksi berbagai kandidat cawapres yang masuk ke dalam radar Gerindra. Salah satunya terhadap sembilan nama cawapres yang ikut disodorkan oleh PKS.

Sembilan nama tersebut merupakan hasil keputusan Majelis Syuro PKS. Kesembilan nama tersebut antara lain Hidayat Nur Wahid, M Sohibul Iman, Ahmad Heryawan, Anis Matta, Irwan Prayitno, Salim Segaf Aljufri, Tifatul Sembiring, Muzammil Yusuf dan Mardani Ali Sera.

"Kami evaluasi satu per satu di antara nama-nama yang diusulkan oleh PKS," kata Ferry di Jakarta, Senin (30/4). (Baca juga: PKS dan Gerindra Tentukan Cawapres Prabowo Lewat Dua Opsi)

Presiden PKS Sohibul Iman sebelumnya menyatakan memberikan tenggat waktu kepada Ketua Umum Prabowo Subianto untuk menentukan cawapres di Pilpres 2019. "Nanti mereka milih siapa ya terserah, sembilan nama kami berikan untuk ditimbang," kata Sohibul.

Ferry mengatakan, nama cawapres yang diajukan PKS layak untuk menjadi pemimpin nasional. Selain itu, berbagai nama tersebut juga memiliki kedekatan dengan Prabowo.

Ferry mencontohkan, Ahmad Heryawan (Aher) telah sukses ketika memimpin Jawa Barat selama dua periode. Aher juga dianggap memiliki kedekatan karena pernah menjadi mantan Ketua Tim Pemenangan Prabowo pada 2014.

Adapun Anis Matta pernah menjadi mantan Presiden PKS. Dia memiliki kedekatan dengan Prabowo lantaran kerap menemani berkampanye pada 2014 lalu.

"Jadi rasanya nama-nama yang diusulkan PKS adalah nama-nama yang layak," kata Ferry.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...